icon Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp
Penyebab Kebuntuan Ide Menulis
Siker.id | 31 Jan 2022 07:30


Bagikan ke
Penyebab adanya kebuntuan ide menulis. (siker)

siker.id - Setiap profesi pasti memiliki tantangannya tersendiri. Begitu pula dengan profesi penulis. Di antara masalah yang sering dialami para penulis, adalah adanya writer’s block, yakni saat dimana kamu mengalami kebuntuan ide sehingga sulit sekali untuk menghasilkan tulisan baru ataupun melanjutkan tulisan yang telah dibuat sebelumnya.

Writer’s block selain membuat kamu jadi susah untuk produktif, ternyata juga kerap menjadi penyebab adanya frustrasi dari penulis. Mengapa kamu bisa mengalami witer’s block? Berikut ulasannya!

Baca juga: Berikut Ini Tips Menulis Body Email Untuk Lamaran Kerja

Ketakutan akan gagal

Takut ditolak penerbit, takut mendapat komentar negatif dari pembaca, takut ditolak oleh editor, atau takut pembacanya hanya sedikit, adalah penyebab lain kamu mengalami writer’s block. Rasa takut itu membuatmu menunda-nunda atau tertekan sehingga jadi gak bebas mengekspresikan idemu lewat tulisan.

Semua orang pasti pernah mengalami rasa takut. It’s okay, itu manusiawi, kok! Yang penting, jangan biarkan rasa takut itu membuatmu berhenti. Tulis saja apa yang kamu bisa. Gak usah pedulikan dulu gimana hasilnya.

Tekanan eksternal

Tekanan eksternal misalnya tuntutan dari editor untuk segera menyelesaikan tulisan, sementara kamu sedang gak pengin melakukannya juga bisa jadi penyebab writer’s block. Kamu jadi susah berkonsentrasi dan buntu mendapatkan ide-ide segar.

Perbedaan antara apa yang ingin kamu tulis dengan kehendak editor juga bisa menyebabkan kebuntuan. Harus menulis bertentangan dengan keinginan sebenarnya membuat kamu sulit menemukan ide.

Baca juga: 4 Kesalahan Fatal yang Menghancurkan Karir

Menuntut kesempurnaan

Menuntut kesempurnaan, atau perfeksionis satu sisi bisa positif. Yakni, hasil karyamu jadi benar-benar berkualitas karena dikerjakan dengan memperhatikan detailnya.

Sayangnya, perfeksionis justru bisa membuatmu jadi kesulitan produktif. Disebabkan keinginan untuk sempurna, kamu merasa apa pun yang ditulis rasanya masih kurang. Pemikiran demikian membuatmu jadi merasa stuck.

Kondisi mentalmu sedang gak baik

Bidang kreatif memang sangat menuntut kondisi mental yang prima. Kamu bakal sulit menemukan ide atau mengembangkan tulisan bila kamu sedang stres atau pikiran sedang mumet.

Cobalah istirahat terlebih dahulu supaya pikiranmu kembali segar. Kalau sudah, mulai lagi dari target yang gampang, misalnya menulis satu paragraf dulu. Setelah itu lanjutkan satu paragraf lagi. Dengan demikian, kamu jadi gak merasa tertekan untuk menulis.

Sekian artikel tentang penyebab kebuntuan ide menulis. Bila menyukai artikel ini bisa Anda bagikan. Jika ada kritik dan saran bisa tulis pada kolom komentar. Terima kasih.

Baca juga: 4 Kebiasaan Sepele yang Bisa Meningkatkan Karir


Editor: Theo Adi -

     

TAG :

Komentar