4 Tips Mengatasi Rasa Minder di Tempat Kerja
Siker.id | 30 Jan 2022 15:40


Bagikan ke
Tips mengatasi rasa minder di tempat kerja. (siker)

siker.id - Rasa minder bisa saja muncul pada situasi apapun, tidak terkecuali di tempat kerja kita saat ini. Melihat rekan kerja lain yang memiliki kemampuan lebih hebat dan bisa mengerjakan segala macam tugas dengan cepat terkadang membuat diri kita merasa minder.

Hal seperti ini sangat wajar terjadi di tempat kerja. Namun, jangan sampai rasa minder itu yang akan membuat performa kinerjamu menjadi menurun. Jika kamu sedang mengalami kondisi ini, jangan khawatir. Yuk, simak tips berikut ini.

Baca juga: Tanda Kamu Belum Dewasa di Tempat kerja

Cari tahu "faktor X" di dalam dirimu

Rasa minder membuat dirimu terasa tidak spesial di mata orang lain. Padahal setiap orang memiliki sesuatu yang berharga atau bisa disebut faktor X yang membedakan dengan orang lain.

Ada baiknya untuk mencari tahu apa kelebihan dan kekurangan yang ada pada diri. Keunikan ini akan membantumu mengatasi rasa minder ini, lho. Tetap fokus pada kekuatan atau keterampilan yang bisa meningkatkan rasa percaya dirimu.

Terus tanamkan rasa percaya diri

Tingkatkan terus rasa percaya diri agar bisa mengalahkan rasa mindermu. Kamu hebat, kamu pantas dihargai, kamu spesial. Tanamkan terus kalimat-kalimat positif itu di pikiranmu.

Yakin pada kemampuan dan keterampilan diri sendiri. Namun, jangan sampai rasa percaya diri ini berubah menjadi kesombongan. Keduanya merupakan sifat yang berbeda. Jika percaya diri lebih cenderung positif, sedangkan kesombongan bisa membawamu ke arah negatif.

Baca juga: 4 Tips Bangun Sikap Proaktif di Tempat Kerja

Berinteraksi dengan rekan kerja yang suportif

Rekan kerja yang suportif akan membantumu lebih berkembang di tempat kerja. Berhenti menutup diri dengan lingkungan sekitarmu. Hal itu malah membuat rasa mindermu semakin menjadi-jadi.

Coba buka obrolan-obrolan ringan dengan rekan kerjamu. Entah membahas topik musik, film, ataupun olahraga. Interaksi kecil ini akan mengurangi munculnya rasa minder pada diri.

Kamu hebat bisa direkrut di tempat kerja ini

Flashback kembali di momen ketika kamu melamar bekerja. Diantara banyaknya orang yang ingin masuk di tempat kerjamu, kamu menjadi salah satu orang yang terpilih untuk direkrut. Hal ini menandakan jika kamu memiliki potensi bagus untuk bekerja di sana.

Ingat, kamu tidak akan dipekerjakan jika tidak memiliki kompetensi yang memadai. Daripada sibuk menumpuk rasa minder pada dirimu, lebih baik gunakan untuk meningkatkan potensi yang ada pada diri. Yuk, tanamkan pola pikir ini.

Sekian artikel tentang tips mengatasi rasa minder di tempat kerja. Bila menyukai artikel ini bisa Anda bagikan. Jika ada kritik dan saran bisa tulis pada kolom komentar. Terima kasih.

Baca juga: Tips First Impresion di Tempat Kerja


Editor: Theo Adi -

0     0    

Komentar