TIPS GENERASI Y BERTAHAN DI DUNIA KERJA
Siker.id | 28 Jan 2022 21:45


Bagikan ke
Generasi y bertahan di dunia kerja. (siker)

siker.id - Awal 2000-an adalah masa-masa gemilang untuk generasi Y. Tahun berganti, teknologi mengalami perkembangan yang berbeda bisa dibilang masa-masa sekarang adalah eranya generasi Z. Mau tidak mau, kalau tetap mau bertahan di dunia kerja generasi Y harus atur strategi supaya skill-nya tetap digunakan. Generasi Y, dilihat dari deskripsinya saja sudah muncul beberapa pendapat. Ada yang menyebut generasi Y adalah generasi yang tumbuh bersama perkembangan teknologi internet, nirkabel, dan media sosial.

Sebuah generasi yang menginginkan sesuatu terjadi cukup cepat, apakah hal itu berkaitan dengan perubahan atau proses untuk mencapai hasil. Ada juga yang mendeskripsikan generasi Y itu merupakan generasi yang lahir pada akhir tahun tujuh puluhan, atau generasi yang lahir mulai awal tahun 1980 ke atas. Dapat disimpulkan bahwa generasi yang lahir pada akhir tahun 1970 sampai awal tahun 1980 ke atas saat ini memasuki usia produktif bersamaan dengan kemajuan teknologi yang canggih dan pesat, yang tidak dapat dipungkiri bahwa saat ini dituntut segala sesuatu yang serba cepat. Berikut ini beberapa tips agar generasi Y bertahan di dunia kerja :

Baca juga: 3 Perbedaan Milenial dan Generasi Z di Dunia Kerja

Teruslah belajar

Jangan pernah berhenti untuk belajar. Jangan hanya mengharapkan gelar sarjana saja untuk mendapatkan pekerjaan yang lebih baik. Selalu terus beradaptasi dengan pengetahuan serta skill terkait dengan bidang yang Anda geluti. Cobalah untuk mengikuti kursus-kursus gratis ataupun berbayar yang dapat berpeluang meningkatkan pengetahuan. Bila perlu rambahlah bidang lain sekadar mencoba peruntungan, siapa tahun ke depannya Anda punya kesempatan untuk sukses di bidang yang berbeda.

Memacu kemampuan teknologi

Jangan pernah berpuas diri dengan kemampuan ataupun skill teknologi yang Anda miliki. Akan selalu ada teknik dan keterampilan baru yang harus Anda asah demi beradaptasi dengan era baru. Coba Anda ingat, dulu Facebook begitu menguasai dunia sosial media sekarang tergantikan dengan Instagram dan ada juga Tiktok.Kemampuan bersosial media saat ini bukan hanya sebagai hiburan tetapi juga keahlian untuk bekerja. Ini yang harus Anda pahami dan cermati. Jangan batasi kreativitas Anda. Di era sekarang ini orang yang kreatif yang dapat bertahan di kerasnya persaingan dunia kerja.

Baca juga: 4 Cara Kaum Milenial Menghasilkan Uang

Diharuskan mengembangkan diri

Salah satu cara lain untuk bertahan di dunia kerja yang mulai melirik generasi Z adalah tidak menyempitkan diri pada satu posisi saja. Jika selama ini Anda nyaman bekerja sebagai content writer, saatnya Anda melirik bidang yang lebih spesifik lagi misalnya copywriter atau UX Writer. Intinya, jangan nyaman di satu kemampuan. Kembangkan diri mempelajari bidang-bidang lain supaya Anda tetap dilirik oleh perusahaan, terlebih lagi tidak kalah saing dengan generasi sekarang.

Sekian artikel tentang tips generasi Y bertahan di dunia kerja. Bila menyukai artikel ini bisa Anda bagikan. Jika ada kritik dan saran bisa tulis pada kolom komentar. Terima kasih.

Baca juga: Berikut Ini Tips Meniti Karir Bagi Kaum Milenial


Reporter: Azzachra Rara
Editor: -

0     0    

Komentar