TIPS MEMULAI PROFESI BARISTA
Siker.id | 28 Jan 2022 19:30


Bagikan ke
Memulai profesi barista. (siker)

siker.id - Mungkin Anda sering mengenal tentang profesi barista. Untuk lebih jelasnya barista adalah seseorang yang mengkhususkan diri dalam membuat dan menyajikan berbagai minuman. Barista biasanya bekerja di kedai kopi, toko buku, atau di bar yang menyajikan minuman khusus kopi atau espresso. Kebanyakan barista melakukan lebih dari sekadar membuat minuman dengan rasa yang pas tetapi juga membantu inventaris, menjalankan mesin kasir, dan menyelesaikan masalah lain. Kebanyakan barista dibayar per jam, tetapi seringkali bisa mendapatkan tip selain gaji per jam.

Baca juga: 4 Profesi Buat Pecinta Fotografi

Secara umum, tidak ada persyaratan pendidikan untuk menjadi seorang barista namun, sebagian besar barista memiliki setidaknya ijazah sekolah menengah atas atau yang sederajat. Lebih sering, kedai kopi atau waralaba yang lebih besar mengharuskan Anda berusia 18 tahun dan memberikan pelatihan kepada karyawan. Pelatihan mungkin termasuk memanggang biji, menghangatkan susu atau sanitasi mesin. Perusahaan yang lebih terkemuka seperti Starbucks atau Coffee Bean mungkin menawarkan pelatihan kerja yang lebih ekstensif daripada kedai kopi yang lebih kecil.

Konsistensi dalam kualitas minuman sangat penting. Jika Anda ingin mempelajari teknik yang lebih mendalam, banyak program barista bermunculan karena popularitas yang memungkinkan Anda mempelajari segala sesuatu tentang bidang karier.

Banyak pemberi kerja juga mencari kualitas individu seperti pendengaran yang baik, komunikasi verbal, kehadiran, dan pengorganisasian. Meskipun tidak diwajibkan, keterampilan layanan pelanggan juga bisa menjadi nilai tambah. Seorang barista bekerja erat dengan pelanggan, jadi Anda harus memiliki kemampuan untuk membangun hubungan baik, memiliki kepribadian yang ramah, dan tampil secara profesional. Anda juga harus dapat memprioritaskan, memecahkan masalah, dan melakukan banyak tugas dalam lingkungan yang bergerak cepat.

Baca juga: Profesi ini Cocok Buat yang Suka Main Komputer

Anda mungkin menghadapi pesanan yang campur aduk, masalah mesin, atau pelanggan yang tidak puas jadi Anda harus bisa bekerja dengan baik di bawah tekanan. Selain itu, multi-tasking juga penting ketika Anda akan menerima pesanan, menyiapkan minuman panas, menghias minuman, dan menyajikannya dalam beberapa kedai kopi bahkan menyajikan makanan.Profesi barista cukup menjanjikan seiring berkembangnya kedai-kedai kopi kekinian. Kalau Anda tertarik menekuni bidang ini, Anda bisa mendaftarkan diri ke kursus profesional guna mendapatkan lebih banyak pengetahuan.

Pada akhirnya bila ditekuni secara serius ini memungkinkan Anda untuk membuka kedai kopi Anda sendiri atau memperoleh peran lanjutan dalam industri kopi. Lebih dari sering program kuliner khusus seperti gelar bisnis, atau program pendidikan kopi yang lebih mumpuni.

Sekian artikel tentang tips memulai proesi barista. Bila menyukai artikel ini bisa Anda bagikan. Jika ada kritik dan saran bisa tulis pada kolom komentar. Terima kasih.

Baca juga: 4 Profesi Bagi Pecinta Dunia Game


Reporter: Azzachra Rara
Editor: -

0     0    

Komentar