Tips Menjawab Pertanyaan tentang Backgroud Pendidikan
Siker.id | 28 Jan 2022 18:45


Bagikan ke
Menjawab background pendidikan saat interview. (siker)

siker.id - Pada akhirnya semua jawaban yang dilontarkan selama wawancara diharapkan dapat menciptakan impresi baik buat si pewawancara sehingga tertarik untuk merekrut Anda. Sehingga, latar belakang pendidikan kerap ataupun sering menjadi salah satu topik bahasan. Lalu, bersiaplah untuk mendiskusikan pendidikan Anda dan mengambil benang merah antara keterampilan dan posisi yang Anda lamar bagaimana keduanya saling berhubungan. Ketika pertanyaan tentang latar belakang pendidikan muncul ini adalah kesempatan bagi Anda untuk berbagi sedikit tentang diri, minat , serta alasan kenapa Anda memilih jurusan tersebut dan sebagainya. Berikut ini beberapa tips menjawab pertanyaan tentang background pendidikan saat melamar pekerjaan:

Baca juga: Berikut 5 Pantangan Saat Interview Kerja

Dapat mengkaitkan antara pendidikan dengan pekerjaan anda

Apa pun pertanyaan spesifiknya, pastikan untuk menghubungkan latar belakang pendidikan Anda dengan kualifikasi pekerjaan di posisi yang Anda lamar. Sebelum wawancara, buat daftar keterampilan dan pengalaman yang diperlukan untuk posisi tersebut, dan kemudian pikirkan tentang kursus yang Anda ambil dan proyek yang Anda selesaikan sebelumnya yang relevan dengan posisi tersebut.

Meminimalisir menyebutkan kegiatan ekstrakulikuler

Pikirkan tentang kegiatan ekstrakurikuler di sekolah yang dapat membantu Anda mengembangkan keterampilan atau kemampuan khusus yang diperlukan untuk pekerjaan itu. Jika kegiatan ekstrakuler tersebut bisa menunjang atau bahkan mungkin mendapatkan poin plus anda bisa menyebutkan hal tersebut di hadapan hrd saat tes wawancara.

Baca juga: Berikut 5 Alasan Tidak Pernah Dipanggil Interview Kerja

Maksimalkan keterampilan yang dapat dikembangkan

Jika jurusan kuliah Anda yang tidak terkait dengan pekerjaan tersebut, coba pikirkan keterampilan yang dapat dikembangkan dalam kursus yang dulu Anda jalani dan bisa dipraktikkan pada posisi yang Anda lamar.Misalnya, mungkin Anda mengambil jurusan bahasa Inggris tetapi melamar pekerjaan di bidang konsultasi. Bicarakan tentang bagaimana semua tugas esai Anda membantu Anda mengembangkan keterampilan komunikasi yang diperlukan untuk bekerja sama dengan klien.

Jangan pernah berbohong

Jika nilai Anda tidak bagus, atau Anda tidak menyelesaikan gelar Anda jangan berbohong kepada pewawancara. Dia akan dengan mudah mengetahui apakah Anda berbohong. Namun, Anda dapat menjawab pertanyaan tentang pendidikan Anda dengan jujur sambil tetap menunjukkan mengapa Anda cocok untuk pekerjaan itu. Misalnya jika Anda tidak menyelesaikan gelar Anda, dapat menekankan keterampilan yang Anda kembangkan melalui kursus kemudian pengalaman kerja yang diperoleh ketika kalian meninggalkan sekolah.

Sekian artikel tentang tips menjawab background Pendidikan. Bila menyukai artikel ini bisa Anda bagikan. Jika ada kritik dan saran bisa tulis pada kolom komentar. Terima kasih.

Baca juga: Berikut Ciri-ciri Undangan Interview Palsu


Reporter: Azzachra Rara
Editor: -

0     0    

Komentar