Berikut Tugas Seorang Manajer dalam Perusahaan
Siker.id | 28 Jan 2022 12:45


Bagikan ke
tugas manajer dalam perusahaan. (siker)

siker.id - Sebagai pemimpin dan atasan langsung dari karyawan-karyawan dibawahnya, seorang manajer bertanggung jawab terhadap kinerja sebuah tim. Setiap perusahaan, tugas manajer yang paling pokok adalah memimpin, mengarahkan, dan mengawasi staf untuk bekerja sama mencapai tujuan dari perusahaan atau organisasi.

Seorang manajer yang hebat mampu membentuk tim yang bekerja efektif dan efisien untuk membantu perusahaan mewujudkan visi misi bisnis. Ia akan melakukan hal tersebut dengan cara merekrut orang-orang yang tepat, memotivasi mereka, dan meningkatkan produktivitas tim dalam jangka panjang. Sebaliknya, manajer dengan kualifikasi rata-rata akan sekadar menjalankan tugas untuk memenuhi target.

Berikut ini beberapa tugas manajer secara garis besar di perusahaan yang ada!

Baca juga: Tips Menjadi Social Media Manager

Pengawasan. Manajer punya wewenang untuk mengawasi dan mengendalikan tim untuk memastikan agar proses berjalan sesuai rencana. Manajer juga bertanggung jawab untuk mengidentifikasi kendala dan hambatan tim serta membantu mereka mengatasinya.

Perencanaan. Seorang manajer bersama jajaran di organisasi merencanakan bagaimana setiap divisi akan bekerja untuk mengembangkan perusahaan dan mencapai tujuan. Perencanaan dapat menyangkut banyak hal, dari soal rencana bisnis, kebutuhan tenaga kerja, target pertumbuhan, hingga penyusunan anggaran.

Evaluasi. Tugas manajer ini terkait dengan evaluasi dan penilaian terhadap proses dan hasil, apakah meleset atau melampaui target. Manajer bertanggung jawab mencari tahu di mana bottleneck dari keseluruhan proses dan apa yang harus diperbaiki. Mereka juga mengevaluasi bagaimana kinerja setiap karyawan dan memberikan penilaian individual.

Baca juga: Apa Persamaan dan Perbedaan Supervisor dan Manager?

Pengaturan. Tugas manajer selanjutnya adalah mengatur dan mengelola tim agar sejalan dengan tujuan organisasi. Tanggung jawab ini meliputi perencanaan pekerjaan, pembagian dan pendistribusian tugas ke setiap staf, penetapan target, penyusunan prosedur operasional dan standar kinerja, serta penerapan proses kerja yang efisien.

Kepemimpinan. Ini merupakan tugas manajer yang tak kalah penting. Manajer adalah pemimpin di setiap divisi, sehingga mereka harus mampu memotivasi seluruh anggota tim untuk bekerja mencapai tujuan bersama.

Sekian artikel tentang tanda yang menunjukkan kamu tidak kuat bekerja dibawah tekanan. Bila menyukai artikel ini bisa Anda bagikan. Jika ada kritik dan saran bisa tulis pada kolom komentar. Terima kasih.

Baca juga: 4 Tanda Anda Mencintai Pekerjaan


Reporter: Azzachra Rara
Editor: -

0     0    

Komentar