Perintah Atasan yang Jangan Asal Dipatuhi
Siker.id | 28 Jan 2022 13:55


Bagikan ke
Perintah atasan yang jangan sembarangan dipatuhi. (siker)

siker.id - Bekerja sebagai seorang bawahan atau karyawan memang diharuskan untuk mematuhi atasan apapun alasannya demi kelancaran kerja dan membangun kerja sama yang baik. Akan tetapi meskipun begitu kamu pun juga perlu ekstra hati-hati, jangan terlalu polos dan mematuhi semua perintah atasan tanpa kewaspadaan yang tinggi, apalagi jika perintahnya menyangkut hal-hal berbahaya dan penuh risiko berkaitan dengan kelangsungan perusahaan.

Karena tidak semua atasan itu punya etika baik dan mau bertanggung jawab atas perintahnya, dan beberapa macam perintah atasan yang tidak boleh sembarangan kamu patuhi ada di bawah ini. Mari simak ulasannya!

Baca juga: Berikut 5 Tipe Atasan di Kantor

Memberhentikan pegawai tanpa surat perintah resmi

Di kedudukanmu yang sekarang mungkin kamu memiliki wewenang untuk memecat karyawan, akan tetapi jangan asal mau melakukannya hanya atas dasar perintah dari atasan atau petinggi perusahaan.

Kenapa? Karena kalau tidak ada surat perintah pemecatan secara resmi, maka kamu yang bisa menanggung akibatnya. Salah satunya yaitu tuduhan atas perlakuan tidak adil dan tidak pantas terhadap pegawai, yang akan merusak citra kerjamu sendiri.

Mengubah isi kontrak kerja sama dengan pihak tertentu

Kontrak kerja sama merupakan hal paling fatal jika salah menanganinya, jadi jangan coba-coba mengubah isi kontrak kerja sama dengan suatu pihak walaupun atas dasar perintah atasan.

Karena hubungan kerja sama apalagi dalam bisnis dan dunia kerja itu ada hukumnya, dan jika kamu sembarangan mengubahnya maka bisa saja dirimu dituntut oleh pihak tersebut karena isi kontrak yang tak sesuai dengan kesepakatan yang dibuat.

Baca juga: 5 Ciri Atasan Anda Sangat Membenci Anda

Mengubah hasil akhir suatu proyek tanpa adanya meeting

Berjalannya suatu proyek tentu bersama dengan anggota tim yang saling bekerja sama hingga proyek tersebut selesai. Jadi kalau perubahan dilakukan tanpa adanya meeting dan komunikasi yang jelas, bisa-bisa proyek tersebut bisa berakhir hancur.

Apalagi ada banyak sekali orang dalam dunia kerja yang saling menjatuhkan, jadi jangan sampai kamu yang terjatuh sendiri karena asal mematuhi perintah.

Mengubah data keuangan perusahaan

Jangan sembarangan patuh dan mau-mau saja jika diperintah atasan untuk mengubah data keuangan perusahaan. Kenapa? Karena hal itu sangatlah fatal dan tinggi sekali risikonya.

Jika tidak ada surat perintah resmi atau memang penting untuk dilakukan dan tak ilegal maka boleh-boleh saja, akan tetapi jika perintah itu bersifat ilegal maka lebih baik jangan. Karena jika ketahuan belum tentu atasanmu mau mengakui perintahnya dan kamulah yang akan menanggung risiko dan bertanggung jawab atas itu.

Sekian artikel tentang perintah atasan yang jangan sembarangan dipatuhi. Bila menyukai artikel ini bisa Anda bagikan. Jika ada kritik dan saran bisa tulis pada kolom komentar. Terima kasih.

Baca juga: 5 Tips Cara Menegur Atasan secara Sopan


Editor: Theo Adi -

0     0    

Komentar