4 Tips Bangun Sikap Proaktif di Tempat Kerja
Siker.id | 28 Jan 2022 12:45


Bagikan ke
Tips bangun sikap proaktif di tempat kerja. (siker)

siker.id - Pekerja kantoran selalu menghadapi masalah terberatnya dalam setiap tugas yang mereka dapatkan setiap harinya. Tak ada komponen yang pasti tentang kinerja mereka dalam perusahaaan akan sebaik yang mereka inginkan.

Mereka harus bersikap proaktif dalam setiap tanggung jawab atau posisi yang sudah disematkan ketika mengawali kontrak sebagai karyawan. Berikut ini ada lima cara agar kamu dapat membangun sikap proaktif dalam dunia kerja.

Baca juga: Tips Menghadapi Bullying di Tempat Kerja

Mengambil tanggung jawab

Mulailah untuk mengambil tanggung jawab atas tindakan yang dilakukan dan sadari pula dampak dari setiap tindakan yang akan atau telah dilakukan. Misalnya, kita berbelanja secara royal, maka mulailah untuk merencanakan bagaimana cara berhemat di bulan depan bukannya malah hanya terus mengasihani diri sendiri ketika kehabisan uang.

Selalu mengambil keputusan

Mengambil keputusan untuk diri sendiri setiap hari tentu harus dilakukan. Kita harus memetakan kemana arah yang diinginkan. Bila jarang mengambil keputusan, maka hidup akan membawa kita dengan caranya sendiri. Jangan biarkan hidup membawa kita, tapi buatlah keputusan sendiri untuk mencapai arah yang diinginkan.

Baca juga: Berikut 5 Alasan Bertahan di Tempat Kerja Sekarang

Tidak berperilaku impulsif terhadap sebuah kesalahan

Orang yang impulsif itu cenderung kurang berhati-hati. Mereka tidak bisa mengontrol emosi dengan baik ketika dilanda suatu masalah atau diberikan tanggung jawab besar dalam memulai suatu pekerjaan.

Sebuah kesalahan itu bisa terjadi dari dalam maupun luar perusahaan. Kamu harus mencari solusi terbaik dalam menyelesaikan suatu masalah. Tetap tenang dalam menghadapi sesuatu yang sudah terjadi sehingga tak ada yang merasa dirugikan.

Menjadi seorang komunikator dalam tim

Komunikator bisa menjadi seorang pemimpin dalam sebuah tim yang harus dibina sebaik mungkin sehingga target yang dipasang oleh perusahaan dapat tercapai. Hal ini tentunya tak lepas dari sikapmu yang positif kepada setiap orang.

Kamu terus belajar menjadi orang terbaik dalam lingkunganmu dan sanggup memberikan teladan penuh kepada orang-orang sekitarmu. Sebuah tim akan berhasil dengan adanya integritas dengan kerja sama yang optimal.

Sekian artikel tentang tips membangun sikap proaktif di tempat kerja. Bila menyukai artikel ini bisa Anda bagikan. Jika ada kritik dan saran bisa tulis pada kolom komentar. Terima kasih.

Baca juga: Berikut Cara Merespon Kritikan di Tempat Kerja


Editor: Theo Adi -

0     0    

Komentar