Tips First Impresion di Tempat Kerja
Siker.id | 28 Jan 2022 11:45


Bagikan ke
First impression di tempat kerja. (siker)

siker.id - Suatu hal yang sangat patut disyukuri kalau kamu berhasil mendapatkan pekerjaan dan diterima kerja di suatu perusahaan, karena saat sekarang ini mencari pekerjaan itu sulit. Tapi terlepas dar itu semua, patut diketahui kalau ada satu hal yang jangan kamu lupakan Ketika sudah diterima bekerja di suatu tempat, yaitu first impression yang baik di hari pertama kerja.

Sebab saat ini first impression akan sangat mempengaruhi citra selama kamu bekerja di sana. Lalu bagaimanakah caranya membuat kesan pertama yang baik? Simak kuncinya dalam pembahasan ini.

Baca juga: 4 Tips Membangun Citra Positif di Tempat Kerja

Tepat waktu

Kolega atau atasan tidak akan peduli dengan berbagai alasanmu jika datang terlambat. Rencanakanlah untuk datang beberapa menit lebih awal dan berikan kelonggaran waktu untuk hal-hal tidak terduga seperti macet atau salah jalan. Datang lebih awal jauh lebih baik daripada terlambat. Selain itu, tepat waktu merupakan langkah awal untuk memberikan first impression yang positif.

Berpakaian dengan sesuai

Sebelum masuk hari pertama kerja, pastikan kamu menanyakan dress code di kantor barumu. Beberapa bidang perusahaan seperti hukum mengharuskan kamu untuk berpakaian secara formal. Namun, saat ini banyak perusahaan yang lebih santai dalam menerapkan aturan berpakaian untuk karyawannya. Meskipun begitu, kamu tetap harus berpenampilan rapi dan profesional, terutama untuk memberikan first impression yang baik. Kamu bisa menghindari pakaian yang ditujukan untuk olahraga atau terlalu terbuka. Perhatikanlah cara berpakaian kolega lain atau atasanmu sebagai referensi.

Baca juga: 3 Ciri Seorang Individualistis di Tempat Kerja

Ajak bicara rekan kerja yang lain terlebih dulu ketika jam istirahat

Jangan selalu mengharapkan bahwa dirimu bakal lebih dulu didekati oleh orang-orang di tempat kerja, apalagi jika kamu pegawai baru. Buatlah langkah berani untuk mendekati mereka dan ajak ngobrol ketika jam istirahat, terlebih jika itu di hari pertamamu bekerja.

Skill bersosial itu sangat penting dan hal ini juga akan memberi kesan bahwa kamu orang yang ramah dan mudah didekati, sehingga mereka juga gak ragu untuk mengakrabkan diri.

Gak memakai pakaian dan barang-barang yang mencolok

Entah itu mencolok dari segi style yang unik, atau dari segi harga yang merupakan barang dan pakaian branded. Hal ini demi menghindari adanya iri dan perasaan tidak suka dari senior, dan anggapan bahwa kamu orang yang sombong. Jadi pakailah yang biasa saja namun rapi dan sopan.

Sekian artikel tentang first impression di tempat kerja. Bila menyukai artikel ini bisa Anda bagikan. Jika ada kritik dan saran bisa tulis pada kolom komentar. Terima kasih.

Baca juga: Berikut 5 Batasan yang Harus Ada di Tempat Kerja


Editor: Theo Adi -

0     0    

Komentar