Tips Sukses Presentasi Pertama di Kampus
Siker.id | 27 Jan 2022 20:45


Bagikan ke
Sukses presentasi pertama di kampus. (siker)

siker.id - Saat anda menjadi mahasiswa baru pasti akan melihat bahwa tidak semua orang percaya diri dan nyaman untuk berbicara di depan umum. Walau demikian keahlian ini penting untuk kamu kuasai, karena akan terpakai sewaktu kamu kuliah, di mana ada banyak tugas presentasi, baik itu adalah tugas kelompok ataupun individual.Kesuksesan sebuah presentasi sangat ditentukan oleh kemampuan kita dalam menyampaikan materi kepada para audience. Dengan gaya penyampaian yang berbeda, seorang presenter bisa mempengaruhi caranya menyampaikan presentasi.Hal yang harus diperhatikan oleh presenter adalah menguasai materi dan menyampaikannya sesuai dengan tema. Cara penyampaian presentasi yang tidak sesuai dengan tema presentasi bisa mempengaruhi efektif atau tidaknya presentasi tersebut.Sebenarnya dengan melakukan persiapan yang baik sebelum presentasi, kita bisa meningkatkan rasa percaya diri dan tampil dengan lebih maksimal. Berikut ini beberapa tips sukses presentasi di kampus:

Baca juga: Prospek Kerja Jurusan Aktuaria

Kuasailah topik tersebut

Sangatlah penting untuk memahami topik presentasi supaya kamu bisa menyusun isi presentasi dengan baik dan lancar. Sebenarnya sama saja dengan menjawab soal, hanya saja pada saat waktu presentasi, kamu menjawab secara lisan dan bukan tertulis.Membaca buku pelajaran atau mencari jawaban di Google tidaklah cukup. Supaya lebih mantap, kamu juga perlu membaca berita terbaru serta makalah penelitian tentang topik presentasi kamu.Memiliki informasi yang cukup dan relevan dapat membantumu menyusun struktur presentasi dengan lebih baik – mulai dari pengenalan, isi dan kesimpulan, serta informasi pendukung untuk membantu pendengar untuk memahami apa yang ingin kamu sampaikan.

Buatlah slide yang profesional

Tips penting yang perlu diingat sewaktu membuat slide presentasi: buatlah slide yang singkat. Karena jika terlalu banyak tulisan, perhatian pendengar akan lari ke bacaan di slide daripada mendengar isi presentasi.Agar slide yang berupa teks dapat ditampilkan secara progresif, seperti halnya menampilkan poin profil satu demi satu, ketika kamu membutuhkannya.Hal ini akan menjaga perhatian pendengar terfokus pada kamu. Gunakan gambar jika bisa membantu pendengar lebih memahami apa yang ingin kamu sampaikan.

Baca juga: Berikut 5 Jurusan yang Paling Banyak Dicari Perusahaan

Berlatih sebelum presentasi

Jadi, sediakan sejumlah waktu yang cukup untuk melatih presentasi kamu, apalagi jika kamu adalah seseorang yang cenderung untuk gugup ketika berbicara di depan publik. Kamu juga dapat berlatih menggunakan baju yang akan kamu gunakan sewaktu presentasi untuk memastikan kamu dapat bergerak dengan nyaman.

Berlatih di depan teman-teman kamu dapat membantu menyediakan masukan yang berguna untuk presentasi kamu. Atau, kamu dapat berlatih di depan kaca atau merekam video presentasi kamu. Lakukan perbaikan yang dirasa penting atas apa yang kamu lihat, apakah gerakan tangan kamu, atau kontak mata dengan pendengar kamu.

Sekian artikel tentang tips sukses presentasi pertama di kampus. Bila menyukai artikel ini bisa Anda bagikan. Jika ada kritik dan saran bisa tulis pada kolom komentar. Terima kasih.

Baca juga: Anda Senang Melukis dan Menari Yuk Masuk di Jurusan Seni


Reporter: Azzachra Rara
Editor: -

0     0    

Komentar