icon Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp
Kiat Ampuh agar Negosiasi Gaji Berjalan Lancar
Siker.id | 05 Nov 2021 16:50


Bagikan ke
Negosiasi gaji merupakan hal yang sangat krusial dalam setiap wawancara kerja baru

siker.id - Negosiasi gaji merupakan hal yang sangat krusial dalam setiap wawancara kerja baru. Tawar-menawar harga bukanlah hal tabu yang tidak boleh dibicarakan di depan. Akan tetapi banyak dari kita yang malu-malu ketika ditanya mau gaji berapa?

Nah apapun profesi yang ingin digeluti, negosiasi gaji memang memerlukan semacam keahlian khusus supaya kamu bisa mendapatkan gaji yang kamu harapkan. Ingat lho, gaji yang sesuai dengan pekerjaan dan pengalaman kita akan menjadi salah satu motivasi penting selama bekerja di perusahaan!

Karena kamu akan bekerja di perusahaan tersebut untuk jangka waktu tertentu misalnya 6 bulan atau 1 tahun, maka kamu harus memperhitungkan berapa banyak waktu yang kamu sediakan untuk perusahaan tersebut.

Selain waktu, tentunya kamu harus memberikan penghargaan yang cukup untuk tenaga yang kamu keluarkan untuk kemajuan perusahaan. Meskipun tidak sederhana, kamu tetap harus memperhitungkannya dalam bentuk angka nominal untuk bahan negosiasi gaji kamu.

Baca juga: Bagaimana Payung Hukum Terkait Pekerja Freelance?

Berikut ini tips singkat cara nego gaji yang cukup efektif untuk dicoba

1. Tunggu hingga pemberi kerja benar-benar memberi tawaran

Hal ini biasanya terjadi pada pelamar yang memang sangat dibutuhkan dan kebetulan pula menemuni kualifikasi yang disyaratkan oleh perusahaan bersangkutan. Dalam skenario seperti ini, umumnya perusahaan menawarkan terlebih dahulu besaran gaji yang rata-rata memiliki nominal sesuai dengan beban kerja yang diberikan. Jika Anda beruntung mendaptkan situasi seperti ini, tidak masalah untuk menaikkan sedikit besaran nominal negosiasi gaji yang diharapkan. Namun jika si perusahaan tidak juga berinisiatif memulai memberikan tawaran nominal gaji, Anda dapat menggunakan pengetahuan besaran gaji yang diketahu mengenai posisi pekerjaan yang Anda lamar

2. Jangan pernah mengutarakan alasan pribadi

Jika Anda mengajukan besaran gaji yang cukup tinggi, jangan pernah utarakan alasan pribadi di baliknya kepada perusahaan yang Anda lamar, seperti alasan untuk biaya menikah, pengobatan keluarga yang sakit, dan lain-lain. Utarakanlah alasan logis yang bersifat profesional saat mengajukan nominal gaji yang tinggi dari rata-rata penghasilan di posisi yang Anda lamar. Namun, perlu diingat bahwa untuk situasi seperti ini, Anda perlu memiliki latar belakang pendidikan atau karier sebelumnya yang jelas, dan jika memungkinkan, menonjolkan nilai lebih Anda secara faktual.

3. Bersikap fleksibel Ketika negosiasi gaji

Pekerjaan tersebut, maka Anda perlu bersikap fleksibel. Dalam hal ini, Anda perlu berani untuk menanyakan mengenai kemungkinan insentif yang didapat apabila Anda dilibatkan dalam sebuah proyek, kerja lembur, atau jika Anda memenuhi sebuah target pencapaian yang dibidik oleh perusahaan bersangkutan.

4. Berikan fakta yang mendukung nominal gaji yang Anda minta

Penjelasan sederhananya adalah jika Anda menginginkan gaji yang besar, maka Anda perlu dukungan bukti bahwa Anda memiliki kapabilitas untuk pekerjaan yang dilamar. Pengalaman-pengalaman seperti mengikuti organisasi, pekerjaan, atau kegiatan yang memiliki kaitan dengan lingkup pekerjaan yang dilamar dapat menjadi nilai lebih bagi Anda dalam mempertahankan besaran gaji yang Anda negosiasikan.

Baca juga: Lamaran Pekerjaan Ditolak? Ini Solusinya

5. Berikan waktu perusahaan untuk berpikir

Jika perusahaan akhirnya meminta waktu untuk berpikir, bisa jadi Anda sudah dalam posisi kuat. Berikanlah respek terhadap hal tersebut, karena umumnya si pewawancara membutuhkan masukan lebih luas dari atasan-atasan di perusahaan tersebut

6. Jika gagal bernegosiasi, jangan tunjukkan rasa kecewa

Jika negosiasi yang Anda ajukan gagal dicapai, Anda dapat berpikir sejenak untuk mengajukan negosiasi selanjutnya dengan besaran gaji yang dkurangi sedikit jumlahnya. Biasanya perusahaan akan memikirkan ulang hal tersebut. Namun jika benar-benar gagal, jangan pernah tunjukkan rasa kecewa. Tunjukkan rasa terima kasih karena Anda telah diberikan kesempatan untuk melakukan negosiasi dengan perusahaan bersangkutan

Sekian artikel Kiat Ampuh agar Negosiasi Gaji Berjalan Lancar. Bila menyukai artikel ini anda bisa membagikannya ke semua orang.Bila ada kritik dan saran bisa anda tulis pada kolom komentar

Terima kasih

Baca juga: Fatal ! Jangan Lakukan Hal Ini saat Wawancara

 

 


Editor: Bagus -

     

Komentar