4 Profesi yang Cocok bagi Seorang Penulis
Siker.id | 27 Jan 2022 14:00


Bagikan ke
Profesi buat mereka yang hobi menulis. (siker)

siker.id - Punya bakat menulis itu luar biasa lho, karena setiap ide yang ada di kepala butuh rangkaian kata yang baik agar dapat diterjemahkan dan mudah dimengerti ke orang yang akan membacanya. Dengan menulis, kamu dapat menyalurkan pikiranmu, berbagi opini atau bahkan menjadi inspirasi orang lain. Punya bakat menulis, jangan hanya untuk disimpan sendiri, sekarang saatnya post karya kamu di media sosial atau blog agar orang lain bisa membacanya. Makin banyak orang yang mengenal bakatmu, makin banyak orang yang akan memberimu peluang. Dengan bakat menulis yang kamu punya, ada beberapa pekerjaan menyenangkan sesuai passion yang bisa jadi pilihan karirmu. Berikut beberapa profesi buat kamu yang suka menulis!

Baca juga: 3 Cara Meningkatkan Karir

Penulis Bidang Bisnis

Menulis email, memo, pengumuman adalah beberapa hal yang berada di bawah penulis di bidang bisnis, baik secara informal atau kasual.

Eh, tapi jangan salah. Kamu juga akan dilibatkan untuk menulis hal-hal yang kurang membosankan lainnya. Contohnya, business plan (rencana pembukaan bisnis/ usaha), business model, proposal proyek, laporan proyek, branding, surat, presentasi dan marketing campaign.

Setiap tahun, ratusan pekerja lepas (freelance) dan pekerja internal telah direkrut secara kontrak atau tetap untuk melakukan hal-hal yang berkaitan dengan penulisan dan komunikasi di bidang bisnis.

Selain komunikasi bisnis pada tingkat organisasi, penulisan bisnis juga melayani tingkat personal masing-masing. Contohnya, menulis CV, cover letter, surat rekomendasi, dll untuk klienmu.

Technical Writer

Skill yang paling penting untuk dimiliki Technical Writer adalah kemampuan untuk mengambil jargon, istilah-istilah teknis yang kompleks menjadi bahasa sederhana yang lebih mudah dimengerti.

Para penulis akan mendesain dan membangun panduan atau manual software, panduan penggunaan, spesifiasi teknis, dan dokumentasi yang kompleks lainnya. Sebagian besar dari pekerjaannya melibatkan memperlihatkan informasi relevan dan penting bagi software developer dan profesi engineer lainnya. So, kemampuan interpersonal yang baik amatlah esensial.

Pekerjaan ini, kalau dibandingkan dengan pekerjaan penulis lainnya, memiliki ekspektasi pertumbuhan yang paling tinggi sekitar tahun 2020-2026 ke depan.

Baca juga: 4 Kendala yang Sering Dialami Penulis

Jurnalis

Serunya bekerja sebagai jurnalis, kita bisa bertemu dan mewawancarai narasumber langsung sebagai bahan berita yang akan kita buat. Biasanya tugas jurnalis dimulai dengan kegiatan meliput, memuat berita, lalu menyebarluaskan peristiwa yang bernilai berita dan pandangan tersebut kepada khalayak melalui media massa, baik cetak maupun elektronik.

Ghostwriter

Nah, kalau pekerjaan menulis yang satu ini beda lagi. Kamu menulis untuk keperluan orang lain, seperti politikus atau public figure secara anonim untuk sebuah tulisan dalam bentuk biografi dan opini. Nantinya, kamu akan mendapatkan kompensasi yang sebanding karena tidak menyebutkan namamu sebagai sang penulis.

Sekian artikel tentang pekerjaan yang cocok buat yang suka menulis. Bila menyukai artikel ini bisa Anda bagikan. Jika ada kritik dan saran bisa tulis pada kolom komentar. Terima kasih

Baca juga: Berikut 5 Skill yang Wajib Dimiliki Seorang Penulis


Editor: Theo Adi -

0     0    

Komentar