icon Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp
4 Tips Membangun Citra Positif di Tempat Kerja
Siker.id | 27 Jan 2022 11:30


Bagikan ke
Tips membangun citra positif di tempat kerja. (siker)

siker.id - Apa pentingnya pekerjaan bagi kita? Tentu berbeda orang berbeda pula pandangannya tentang bekerja. Ada yang untuk memperoleh uang untuk menunjang hidup, sebagaimana sebagian besar orang bekerja dengan tujuan ini, ada juga yang untuk aktualisasi diri, untuk mengaplikasikan potensi diri walau hanya dinilai dengan rupiah yang sedikit.

Setiap orang sah-sah saja memiliki alasan tertentu dalam bekerja, tak ada yang salah dengan motivasinya selagi bukan untuk menjadikan pekerjaan sebagai tempat untuk aktivitas yang tidak perlu.

Bagi sebagian orang, pekerjaan menjadi sesuatu yang utama dalam hidupnya selain keluarga dan beberapa hal lain. Sudah tentu ia akan berusaha menjaga citra diri yang baik dalam lingkungan pekerjaannya. Berikut ini tips membangun citra positif di tempat kerja!

Baca juga: Berikut Tips Membangun Personal Branding di Media Sosial

Jadilah versi terbaik dari dirimu sendiri

Cara pertama membangun citra positif di tempat kerja yaitu, dengan menjadi versi terbaik dari dirimu sendiri. Jadilah apa adanya kamu, tanpa harus memalsukan diri demi disukai oleh orang lain. Caranya bagaimana sih? Yaitu dengan menunjukkan bagaimana kapasitasmu, dengan berusaha menyelesaikan pekerjaan secara maksimal, dan bangga menjadi diri sendiri tanpa harus melakukan pencitraan ini itu.

Percaya deh kalau kamu selalu berusaha terbaik di tempat kerja, atasan dan rekan kerja bakal mengakui kualitas yang kamu miliki. So, tingkatkan kualitas dirimu.

Selesaikan pekerjaan dengan maksimal

Cara selanjutnya yaitu, selalu menyelesaikan pekerjaan secara maksimal. Kita capek-capek kerja memang apa sih yang dihasilkan? Salah satunya ingin menghasilkan pekerjaan yang terbaik dan maksimal.

Dengan selalu mengerjakan tugas tepat waktu, apa yang sudah menjadi tanggung jawab selalu dilakukan dengan semangat, pasti mereka akan menjadikanmu sosok panutan. Dengan begini kualitas yang kamu miliki bisa diakui oleh orang lain dan perlahan citra positif itu terbangun.

Baca juga: Bagaimana Membangun Personal Branding Sebelum Melamar Kerja?

Disiplin

Disiplin menjadi sebuah keharusan dalam bekerja. Disiplin adalah perwujudan dari bagaimana kita menganggap pekerjaan kita penting. Hadir tepat waktu dan menyelesaikan pekerjaan tepat waktu dengan hasil yang akurat pula.

Disiplin juga berbicara tentang bagaimana kita mengelola pikiran kita dalam bekerja. Pekerja harus bisa fokus dalam bekerja, mampu menempatkan hal-hal yang tidak berkaitan dengan pekerjaan di luar fokus bekerja.

Membangun optimisme

Lingkungan pekerjaan yang dibangun oleh orang-orang yang optimis akan terasa lebih bergairah ketimbang dipenuhi orang-orang yang pesimis. Kesulitan bukan suatu penghalang bagi mereka yang optimis, tapi akan menjadi penghenti gerak bagi yang pesimis.

Lingkungan kerja yang optimis akan dipenuhi semangat. Semangat adalah energi penggerak kita dalam bekerja. Untuk itu perlu untuk selalu optimis dalam bekerja. Hindari sikap pesimis karena itu akan melemahkan atau memperlambat gerak kerja.

Sekian artikel tentang tips membangun citra positif di tempat kerja. Bila menyukai artikel ini bisa Anda bagikan. Jika ada kritik dan saran bisa tulis pada kolom komentar. Terima kasih.

Baca juga: 3 Ciri Seorang Individualistis di Tempat Kerja


Editor: Theo Adi -

     

Komentar