icon Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp
Perhatikan 4 Hal ini Sebelum Melamar Kerja
Siker.id | 27 Jan 2022 10:00


Bagikan ke
4 Hal yang perlu diperhatikan sevelum melamar kerja. (siker)

siker.id - Bayangkan Anda mendapatkan “durian runtuh” pada saat Anda mencari pekerjaan secara online. Setelah siang dan malam mencari lowongan pekerjaan yang tidak menarik bagi Anda, akhirnya Anda menemukan yang Anda suka dan sangat cocok dengan kemampuan dan pengalaman Anda. ditambah lagi, perusahaannya adalah yang selama ini Anda inginkan untuk bergabung, tidak ada lagi yang menghalangi Anda untuk melamar bukan?

Selalu ingat bahwa keberhasilan dalam mencari pekerjaan, kuncinya adalah persiapan. Dengan begitu Anda akan lebih mudah menyusun strategi Anda dan Anda akan terlihat lebih baik di mata para perekrut. Anggap saja seperti siswa mempersiapkan diri untuk ujian dengan belajar, atau atlit yang berlatih sebelum memasuki kompetisi. Berikut hal yang perlu dipertimbangkan sebelum melamar kerja!

Baca juga: Berikut Tips Membuat Surat Lamaran Dalam Bahasa Inggris

Performa dan citra perusahaan

Meskipun sedang butuh pekerjaan, jangan mudah menyebar lamaran. Cari tahu dulu bagaimana perkembangan perusahaan tersebut selama 5 tahun terakhir, apakah baik atau buruk? Hal ini penting untuk mengukur prospek perkembangan perusahaan ke depannya, yang tentunya menentukan juga kariermu jika ingin melamar ke perusahaan tersebut.

Memberikan gaji yang memuaskan

Alasan orang bekerja adalah untuk mendapatkan uang dan mendapatkan penghidupan yang lebih baik. Gaji menjadi faktor penting kesejahteraan karyawan, bahkan kebanyakan orang melihat gaji sebagai pertimbangan utama dalam memilih pekerjaan. Apakah perusahaan ini memberikan gaji yang layak atau tidak? Apabila perusahaan tidak memberikan upah yang layak atas pekerjaanmu, maka lebih baik tidak usah menerima pekerjaan tersebut.

Baca juga: Berikut Ini Tips Menulis Body Email Untuk Lamaran Kerja

Kumpulkan semua pencapaian dan kemampuan Anda

Apakah Anda seseorang yang baru saja lulus dari perguruan tinggi atau pegawai yang sudah berpengalaman, pengalaman dan kemampuan Anda menentukkan kemana arah pencarian Anda di pasar kerja, jadi luangkanlah waktu dengan hati- hati untuk berpikir tentang apa yang bisa Anda tawarkan kepada perekrut sebelum memulai mencari pekerjaan. Uji kemampuan Anda dan lihat apa yang bisa Anda lakukan untuk bisa menonjol dalam kompetisi. Setelah Anda melakukannya, Anda harus mendokumentasikan semuanya sehingga Anda mempunyai sesuatu yang akan ditunjukkan kepada para perekrut. Anda bisa memulai dengan CV untuk memamerkan karya Anda, tetapi format lain seperti portofolio, video, dan situs pribadi mungkin diperlukan untuk beberapa industri khusus.

Cek semua tentang Anda secara online

Mulailah dengan memperbaharui data detail online Anda dan CV apapun yang Anda miliki yang ada di internet dengan informasi yang terbaru. Berikutnya, coba carilah diri Anda di situs pencarian Google dan lihat hasil yang akan muncul. Apakah Anda memukanlah sesuatu yang mungkin menyebabkan perekrut akan berpikir dua kali untuk merekrut Anda? Berikut ini adalah artikel yang bermanfaat dari Huffington Post tentang “defensive googling” jika hal ini terjadi pada Anda. Terakhir, lihatlah profil media sosial Anda dan lihat apa yang tercantum disana. Anda pasti ingin mempresentsikan diri Anda dengan baik jadi hapus atau setidaknya sembunyikan postingan atau foto yang membuat Anda tampak tidak professional atau tidak dapat dipercaya.

Sekian artikel tentang perhatikan beberapa hal sebelum melamar kerja. Bila menyukai artikel ini bisa Anda bagikan. Jika ada kritik dan saran bisa tulis pada kolom komentar. Terima kasih.

Baca juga: Berikut Cara Kirim Lamaran via Email yang Benar


Editor: Theo Adi -

     

Komentar