icon Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp
4 Tips Adaptasi Kerja Buat Introvert
Siker.id | 27 Jan 2022 09:35


Bagikan ke
Adaptasi kerja bagi yang introvert. (siker)

siker.id - Memasuki dunia kerja dengan kepribadian introvert tidak pernah mudah. Banyak lingkungan kerja yang mengharuskan seseorang untuk menjadi ekstrovert bahkan sejak proses seleksinya. Setiap orang dituntut untuk menjadi percaya diri dan selalu semangat menghadapi hari. Sementara orang introvert sebenarnya lebih suka menyendiri.

Kamu yang introvert tak perlu khawatir dan menyerah dengan kerpibadianmu sampai memutuskan untuk tidak melamar pekerjaan tertentu. Ada kok tips-tips yang bisa kamu terapkan agar tetap bisa menjalani hari-harimu di tempat kerja tanpa harus tersiksa meski kamu introvert. Berikut ulasannya!

Baca juga: Anda Introvert? Berikut Ini Pekerjaan Yang Cocok!

Datang lebih awal

Saat mulai bekerja, pastikan kamu datang lebih awal, misalnya 30 menit sebelumnya. Kamu bisa menunggu di kedai kopi dekat kantor atau langsung menunggu di lobby. Ini bertujuan agar kamu bisa mempersiapkan mental sehingga tak terlalu gugup saat bertemu orang baru.

Selain itu, datang lebih awal juga memungkinkan kamu mengenal lingkungan di sekitar kantor. Dengan demikian, kamu merasa lebih familier dan menikmati waktu tanpa harus terburu-buru.

Mulai pelan-pelan

Di minggu pertama bekerja, kita akan menjalani proses orientasi atau induction. Berkenalan dengan seluruh anggota divisi mungkin akan sangat melelahkan, jadi kamu bisa memulai interaksi dengan orang yang berada di dekatmu terlebih dahulu. Misalnya rekan kerja satu tim yang kursinya berdekatan.

Seiring waktu, kamu bisa mengeksplorasi interaksi dengan rekan lain. Tak perlu terburu-buru, poin terpenting yang perlu diingat ialah kamu merasa nyaman saat melakukannya. Meski begitu, cobalah tetap terbuka jika ada yang ingin mengajakmu berinteraksi, terutama yang berhubungan dengan pekerjaan.

Baca juga: Berikut 5 Batasan yang Harus Ada di Tempat Kerja

Beranikan diri untuk keluar dari zona nyaman

Zona nyaman seorang introvert adalah “rumah”, tidak harus dalam artian fisik rumah. Yang dimaksud rumah bisa jadi adalah tempat di mana orang-orang yag membuatmu nyaman tinggal. Misalnya kost, kelas kuliah, tempat makan, atau apapun.

Cobalah untuk keluar dari zona nyaman dan temukanlah dunia di luar rumahmu, ajak teman dekatmu agar kamu lebih mudah masuk ke dunia itu.

Cukup menjadi observer dan mengamati terlebih dulu

Kamu memang orang tertutup dan tak perlu memaksakan diri untuk membuka kepribadianmu, jadilah observer saja dulu. Amati bagaimana orang-orang bekerja, bercengkrama, mengerjakan tugas dan kegiatan lainnya yang berlangsung di tempat kerja. Setelah merasa cukup kamu bisa bertindak sesuai dengan hasil pengamatanmu saat masih menjadi observer.

Sekian artikel tentang tips adaptasi kerja buat introvert. Bila menyukai artikel ini bisa Anda bagikan. Jika ada kritik dan saran bisa tulis pada kolom komentar. Terima kasih.

Baca juga: Saat Bosan Jangan Resign Kerja Berikut Alasannya!


Editor: Theo Adi -

     

Komentar