Tips Merapikan Profil Di Linkedln
Siker.id | 26 Jan 2022 19:30


Bagikan ke
Merapikan profil linkedin. (siker)

siker.id - Di era digital atau yang sering disebut dengan jaman modern , linkedln dapat dikatakan sebagai CV digital. Para recuiter bisa dengan mudah memilih-milih profil linkedln mana yang cocok untuk perusahaanya. Tak menutup kemungkinan, perekrut akan menghubungi salah satu profil untuk ditawari lowongan yang sedang terbuka. Salah satu alasan atau tujuan untuk membuat profil linkedln karena untuk mencari pekerjaan bahkan mencari pegawai dalam perusahaan. Tidak hanya para pencari kerja saja yang membuat profil, akan tetapi banyak juga brand sekaligus perusahaan lainnya membuat profil linkedln untuk menciptakan lowongan pekerjaan. Tidak hanya dalam mencari pekerjaan, melainkan linkedln juga bisa dirancang sebagai platform networking. Tiap anggotanya dapat berteman dengan sesama profesional di seluruh dunia. Selain itu, timeline yang tersedia di linkedln juga dapat digunakan untuk saling berbagi berita atau info terbaru. Pengguna linkedln juga dapat memantau perkembangan perusahaan yang diikuti untuk mendapatkan info terupdate. Dalam profil linkedln, pengguna dapat menampilkan semua portofolio bahkan pencapaian-pencapaian yang berhasil didapatkan tanpa harus memikirkan halaman yang digunakan. Berikut ini beberapa tips merapikan profil linkedln:

Baca juga: Berikut Tips Menggunakan Media Sosial Untuk Melamar Kerja

Menggunakan foto profesional

Walaupun bentuk linkedln seperti sosial media pada umumnya, bukan berarti kamu dapat memasang sembarang foto sebagai profile picture. Sebaiknya, gunakan foto profesional dengan latar belakang polos untuk menunjukkan bahwa kamu seorang yang profesional. Pas foto ataupun foto visa mungkin dapat dijadikan acuan sebagai foto profesional. Menggunakan foto akan memberikan gambaran multi dimensi untuk menunjukkan siapakah dirimu bagi yang mengunjungi ataupun melihat profilmu.

Gunakan kata kunci

Tidak sedikit perusahaan yang sudah menggunakan tools bernama linkedln recruiter untuk mencari calon pegawai di perusahaannya. Biasanya mereka, menggunakan keyword atau kata kunci untuk mencari sesuai yanag diinginkan perusahaan. Misalnya, jika mereka memasukkan kata kunci “writerr” maka semua profil yang memiliki kata kunci tersebut akan muncul sebagai hasil pencarian. Jangan lupa masukan kata kunci yang sesuai dengan keahlianmu dalam ringkasan profil untuk memperbesar kesempatan muncul dalam pencarian sebuah perusahaan.

Baca juga: Bagaimana Memanfaatkan Media Sosial Untuk Menunjang Karir?

Input semua riwayat pekerjaan

Isi semua bagian “experience” dengan riwayat pekerjaan. Jelaskan juga secara rinci pekerjaan dan tanggung jawabmu dalam tiap kolomnya. Linkedln dibentuk untuk membangun network dengan sesama professional. Maka dari itu, semakin banyak pengalamanmu semakin menarik juga profilmu untuk dilirik oleh perusahaan.

Sekian artikel tentang tips merapikan profil linkedin. Bila menyukai artikel ini bisa Anda bagikan. Jika ada kritik dan saran bisa tulis pada kolom komentar. Terima kasih.

Baca juga: Berikut Tips Membangun Personal Branding di Media Sosial


Reporter: Azzachra Rara
Editor: -

0     0    

Komentar