2 Tips Agar Tidak Bosan Saat Rapat Virtual
Siker.id | 26 Jan 2022 18:35


Bagikan ke
Tips tidak bosan saat rapat virtual. (siker)

siker.id - Saat pertemuan tatap muka dibatasi akibat pandemi covid-19, meeting virtual menjadi kebiasaan baru untuk berkoordinasi dengan rekan kerja ataupun klien. Namun, pertemuan yang dibatasi layar kerja sering menimbulkan rasa bosan yang menganggu aktivitas kita sehari-hari. Pertemuan tanpa tatap muka membuat interaksi antara peserta meeting menjadi terbatas. Selama meeting berlangsung, peserta hanya bisa melakukan kegiatan seperti menyimak, mendengarkan, sekaligus berbicara melalui gadget, laptop dengan cara duduk di depan kamera ketika dapat giliran. Aktivitas semacam itu membuat meeting virtual menjadi terasa membosankan. Sehingga dapat mengakibatkan para peserta meeting menjadi tidak fokus. Hal tersebut dikarenakan oleh mengantuk ataupun terdistraksi aktivitas lain lewat smartphone ataupun dengan laptop. Sikap bosan ketika rapat merupakan hal yang lumrah dari kalangan pelajar, mahasiswa, pekerja hingga orang tua. Namun lumrah, bukan berarti membuat semua orang menjadi piawai melakukannya. Ada juga yang merasa gugup atau bingung bagaimana harus menyampaikan pendapat dalam virtual meeting seperti microsoft teams, skype, google meet, dan lain sebagainya. Berikut ini 2 tips agar tidak bosan saat rapat virtual:

Baca juga: 5 Tips Membuat Rapat Lebih Efektif

Fitur latar belakang pada media konferensi

Terkadang, ada beberapa keuntungan dari lingkungan kerja yang menerapkan sistem hybrid seperti lebih banyak fleksibilitas dan kebebasan. Akan tetapi, di balik itu tetap saja akan sulit untuk menumpuk hubungan kerja antar pribadi. Sebagian besar pekerja saat rapat virtual terkadang merasa tidak nyaman. Hal tersebut dapat terjadi karena salah satu mendapatkan “berbagi layar impersonal”. Oleh sebab itu, dalam rapat virtual cobalah untuk memanfaatkan fitur seperti stiker dan latar belakang virtual. Hal tersebut memungkinkan rapat yang dilakukan jarak jauh menjadi lebih pribadi. Sedangkan kita dapat menciptakan sesuatu dengan cara menciptakan ruang dalam “suasana informal” dengan lelucon atau guyonan yang menyenangkan itu dapat membantu meningkatkan semangat di dalam rapat itu sendiri.

Baca juga: Bagaimana Caranya Membuat Rapat Lebih Efektif?

Gunakan media yang mudah dipakai

Sejak adanya rapat virtual melalui platform seperti zoom , google meet, microsoft teams, dan lain sebagainya. Namun demikian, ada beberapa orang tidak mengerti cara penggunaannya. Mungkin mereka tidak paham dalam hal yang berkaitan dengan penyajian materi atau memang aplikasi yang digunakan tersebut rumit digunakan. Untuk mengatasi hal tersebut anda bisa menggunakan google meet yang lebih simple penggunaannya.

Sekian artikel tentang tips tidak bosan saat rapat virtual. Bila menyukai artikel ini bisa Anda bagikan. Jika ada kritik dan saran bisa tulis pada kolom komentar. Terima kasih.

Baca juga: 5 Situs Kuliah Online Terkenal di Dunia


Reporter: Azzachra Rara
Editor: -

0     0    

Komentar