icon Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp
Berikut 5 Prinsip Dalam Bekerja
Siker.id | 26 Jan 2022 22:00


Bagikan ke
5 prinsip dalam bekerja. (siker)

siker.id - Prinsip kerja tidak selalu dimiliki oleh semua orang, padahal semua orang pasti memiliki definisinya masing-masing mengenai kesuksesan. Meskipun perbedaan dari definisi sukses begitu beragam, terdapat beberapa prinsip kerja untuk mencapai kesuksesan yang bisa kamu aplikasikan secara universal. Prinsip kerja ini harus kamu selalu lakukan dan tumbuhkan, apapun pekerjaan, bakat, minat, dan tujuan hidupmu. Berikut beberapa prinsip dalam bekerja yang perlu kamu pegang kuat-kuat!

Baca juga: 5 Dampak Buruk Bekerja secara Buru-buru

Miliki tujuan hidup

Selain mencari uang, prinsip orang bekerja adalah untuk mengejar tujuan hidup yang ia impikan sejak dulu. Dengan memiliki tujuan hidup kamu gak akan tersesat saat menjalani karier. Sebab kamu tahu apa yang kamu kerjakan dan kemana arahnya. Sayangnya, banyak milenial sekarang yang bekerja cuma sebatas rutinitas semata. Akibatnya tak sedikit pekerja milenial menghadapi berbagai macam masalah di tempat kerja. Buat mencegahnya, coba deh mulai sekarang ketahui dulu sebenernya apa sih yang ingin kamu kejar? Setelah itu, catat tujuan apa yang mau diraih dalam waktu dekat serta jangka panjang. Setelah itu, jalani dengan sepenuh hati dan terus berjuang mendapatkannya!

Fokus untuk mencapai tujuan

Prinsip kerja yang kedua adalah fokus untuk mencapai tujuan. Sebab yang namanya godaan itu pasti ada dan akan menghampiri setiap orang yang sedang berusaha. Tapi jangan sampai hal itu mempengaruhi arah tujuan kita selama proses pencapaian. Fokus adalah prinsip kerja yang wajib kamu terapkan dalam hidup supaya rencana yang sudah disiapkan untuk menggapai tujuan bisa berjalan mulus. Hindari pergaulan yang dirasa menjauhkan kamu dari tujuan hidup seperti dunia malam, minuman keras dan narkoba. Ingat, kamu harus teguh pada prinsip kerja dan fokus pada tujuan yang ingin kamu capai. Banyak kok hal-hal positif yang ada di sekitar kamu kalau mau dicari.

Tentukan standar diri kamu sendiri

Jangan cuma ikut-ikutan trend terkini yang viral di media sosial saja. Kamu juga harus punya prinsip kerja dan standar tersendiri di bidang karir maupun kehidupan pribadi. Contohnya seperti mencari klien kerja, misal kamu sudah melebihi target yang dicanangkan oleh kantor ya kamu harus punya standar sendiri yang lebih tinggi lagi. Atau bisa juga ketika diminta menyelesaikan sebuah proyek, kamu sekaligus mencari kenalan baru untuk kepentingan usaha pribadi yang ingin kamu kembangkan. Dengan begitu, satu kali mendayung dua tiga pulau terlampaui. Prinsip kerja yang seperti ini bakal membentuk karakter kamu menjadi lebih baik. Reputasi kamu di mata atasan pun akan bagus.

Baca juga: Berikut 5 Tips Bekerja dengan Orang Asing

Kenali kesempatan yang ada

Prinsip kerja berikutnya adalah mampu mengenali kesempatan yang ada. Tidak banyak orang memegang prinsip kerja ini. Padahal banyak dari kesempatan tersebut tidak datang dua kali. Karena berharganya kesempatan tersebut, kamu harus terbiasa untuk melihat potensi dari setiap hal. Baik orang yang kamu temui, ide dan kemampuan yang kamu miliki, sumber daya yang ada di sekitarmu, hingga tren yang sedang berkembang saat ini, semua hal tersebut memiliki potensi masing-masing yang harus kamu sambut dengan segera agar berbuah manis.

Bangun jejaring

Membangun jejaring adalah prinsip kerja yang sangat penting dalam menuju kesuksesan. Apapun pekerjaanmu, jika kamu telaten dalam membangun dan mempertahankan jejaring, kamu akan dapat membuka banyak kesempatan dan solusi dari masalah-masalahmu.

Sekian artikel tentang prinsip dalam bekerja. Bila menyukai artikel ini bisa Anda bagikan. Jika ada kritik dan saran bisa tulis pada kolom komentar. Terima kasih.

Baca juga: Berikut 5 Keuntungan Bekerja Secara Remote


Editor: Theo Adi -

     

Komentar