icon Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp
3 Tips Public Speaking Bagi Mahasiswa
Siker.id | 25 Jan 2022 18:00


Bagikan ke
Tips public speaking bagi mahasiswa. (siker)

siker.id - Public Speaking merupakan sebuah kemampuan untuk mengekspresikan diri dari gagasan dihadapan publik melalui kompetensi contohnya berpidato maupun presentasi pada khalayak umum. Hal-hal tersebut tentunya mengharuskan kita untuk mempunyai sebuah interaksi yang baik antara public speaker dengan pendengarnya. Ternyata, banyak bidang yang menuntut kita untuk berbicara didepan umum. Berbicara didepan umum atau sering disebut dengan public speaking merupakan hal yang sangatlah penting untuk mahasiswa dan para pekerja. Sebagai mahasiswa, kita selalu dihadapkan kepada kesempatan untuk bertanya, memberikan pendapat, saran, kritikan, ataupun gagasan yang kita punya. Dengan kemampuan public speaking tersebut akan menimbulkan dampak positif bagi diri kita sendiri. Dampak yang ditimbulkan misalnya menjadikan kita sebagai mahasiswa yang berani untuk memberikan gagasan, pendapat, kritikan, dan lain sebagainya. Akhir-akhir ini public speaking menjadi sorotan yang sering di perbincangkan . Tidak hanya para akademisi dan pegawai-pegawai kantor bahkan orang besar seperti hrd, manajer ataupun pekerja lapangan. Saat anda sedang presentasi kita bisa menggunakan gambar - gambar seperti slide diagram, grafik agar para audiens tertarik sekaligus bisa menilai apa yang kita paparkan. Berikut ini beberapa tips public speaking bagi mahasiswa:

Baca juga: Bagaimana Menjadi Seorang Public Relation yang Handal?

Kuasai topik lawan bicara

Salah satu cara agar kalian mahir berbicara didepan umum atau yang sering disebut dengan public speaking adalah dengan menguasai topik lawan bicara. Pertama yang bisa kamu lakukan yakni kalian siap dan paham topik pembicaraan yang disampaikan. Jika kamu sedang berbicara dengan seseorang, tunjukkan kepada lawan bicara kalau kamu sangat tertarik untuk ngobrol dengan dia.

Carilah topik lain

Terkadang saat kita memulai ngobrol dengan seseorang, jangan pernah untuk mengacu atau terpaku pada satu topik pembicaraan. Jika anda hanya fokus pada satu topik saja maka, akan tidak sedikit kemungkinan pembicaraan tersebut tidak bertahan lama. Ungkapkanlah seluruh kata-kata yang ada didalam pikiran sehingga topik pembicaraan akan mengalir dan buatlah lawan bicara senyaman mungkin.

Baca juga: Prospek Kerja Lulusan Public Relations, Selengkapnya

Pelajari Intonasi

Jika anda sedang berbicara dengan suara yang datar, maka reaksi audien adalah akan cepat merasa bosan. Gunakanlah intonasi yang variatif dan sesuai dengan jenis acara. Dalam acara formal,gunakan intonasi yang meyakinkan sekaligus tegas. Sedangkan untuk acara santai anda bisa gunakan intonasi yang terdengar menyenangkan serta enjoy.

Sekian artikel tentang tips public speaking bagi mahasiswa. Bila menyukai artikel ini bisa Anda bagikan. Jika ada kritik dan saran bisa tulis pada kolom komentar. Terima kasih.

Baca juga: Berikut 5 Jurusan yang Paling Banyak Dicari Perusahaan


Reporter: Azzachra Rara
Editor: -

     

Komentar