icon Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp
Jangan Bawa Pulang Pekerjaan Kantor Ini Alasannya
Siker.id | 25 Jan 2022 14:15


Bagikan ke
Alasan jangan bawa pulang pekerjaan. (siker)

siker.id - Pekerjaan kantor kadang terpaksa dibawa ke rumah karena belum selesai. Kalau sekali-dua kali mungkin masih wajar, tapi kalau terlalu sering bisa merepotkan. Namanya pekerjaan kantor, ya seharusnya diselesaikan di kantor karena kantor memiliki lingkungan yang mendukung untuk bekerja. Berbeda dengan rumah. Bagi beberapa orang yang memang berniat bekerja dari rumah secara full-time, konsekuensinya sudah ditakar. Karena itu, pastinya sudah ada kiat untuk menghadapi perbedaan suasana antara kantor dan rumah. Sedangkan bagi mereka yang sejatinya bekerja di kantor, jelas harus hati-hati karena memang secara natural banyak bekerja di luar rumah. Konsekuensinya tidak sepele. Berikut alasan mengapa pekerjaan kantor jangan dibawa kerumah!

Baca juga: Berikut Pekerjaan yang Diprediksi Hilang Dimasa Depan

Otakmu jadi sulit beristirahat

Coba kamu pikirkan, kamu menghabiskan sebagian besar waktumu dengan bekerja, rata-rata dari jam 9 pagi sampai jam 5 sore dikurangi dengan waktu istirahat makan siang satu jam. Idealnya, setelah pulang bekerja kamu harus makan malam dan segera beristirahat agar esok harinya kamu bisa kembali produktif. Namun, jika setelah pulang kantor kamu masih membawa pekerjaanmu ke rumah, waktu istirahatmu akan banyak berkurang, sehingga pada akhirnya akan menyebabkan kamu kurang produktif esok hari.

Pekerjaanmu nggak akan maksimal

Dengan membawa pulang pekerjaanmu, secara otomatis produktivitasmu juga akan menurun drastis. Selain karena kurang istirahat seperti pada poin sebelumnya, banyaknya gangguan atau distraksi di rumahmu akan membuat kamu semakin sulit untuk konsentrasi. Contoh yang paling sederhana adalah adanya tamu yang berkunjung ke rumah, anak yang rewel, atau pekerjaan rumah yang juga harus kamu kerjakan.

Kamu perlu mengeluarkan uang ekstra

Keuntungan jika kamu bekerja di kantor adalah kantormu menyediakan banyak fasilitas atau infrastruktur memadai untuk membantu produktivitasmu dalam bekerja. Contohnya adalah printer, wi-fi, dan telepon. Namun apabila kamu mengerjakan dari rumah, kamu akan mendapatkan kesulitan untuk mencetak (print) hasil kerjamu, kamu harus membeli paket data lebih untuk bisa tetap terkoneksi dengan internet, dan juga kamu harus mengeluarkan uang lebih untuk membeli pulsa agar tetap bisa menelpon.

Baca juga: Berikut 5 Tanda Anda Mulai Mencintai Pekerjaan

Mengganggu waktu bersama keluarga

Setidaknya 10-12 jam sehari sudah habis untuk kerja dan perjalanan pulang-pergi ke tempat kerja. Masih mau ditambah beberapa jam kerja di rumah? Otomatis, waktu untuk keluarga pasti terganggu. Waktu untuk keluarga mesti dimanfaatkan semaksimal mungkin. Ini terutama buat mereka yang kerja di kota besar seperti Jakarta dan Surabaya, di mana waktu sangatlah berharga karena masih harus menghadapi problema macetnya jalan raya.

Komunikasi kerja terganggu

Ketika bawa pekerjaan kantor ke rumah, otomatis komunikasi langsung dengan rekan kerja dan atasan serta bawahan terhalang. Walaupun bisa diatasi melalui telepon hingga video call komunikasi secara langsung tetap akan lebih baik untuk menghindari kesalahpahaman.

Sekian artikel tentang alasan tidak membawa pulang pekerjaan kantor. Bila menyukai artikel ini bisa Anda bagikan. Jika ada kritik dan saran bisa tulis pada kolom komentar. Terima kasih.

Baca juga: Berikut 5 Pekerjaan Buat yang Hobi Baca


Reporter: Azzachra Rara
Editor: -

     

Komentar