icon Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp
5 Alasan Tidak Masuk Kerja yang Masuk Akal
Siker.id | 25 Jan 2022 15:00


Bagikan ke
beberapa alasan tidak masuk kerja yang masuk akal. (siker)

siker.id - Memiliki komitmen yang besar kepada pekerjaan memang suatu hal yang sangat baik. Namun, tidak dapat dipungkiri juga bila terkadang kita diharuskan untuk menyelesaikan suatu hal di luar pekerjaan yang mengharuskan kita untuk tidak dapat datang ke kantor. Apa lagi bila kondisi tersebut merupakan hal yang darurat dan memang perlu diselesaikan saat itu juga. Namun, alasan izin tidak masuk kerja seperti apa yang sekiranya masuk akal dan masih bisa diterima secara akal sehat? Berikut beberapa alsan tidak masuk kerja yang bisa diterima!

Baca juga: Rekan Kerja Tidak Profesional? Ini Cara Menyikapinya!

Sakit

Jika Anda merasa tidak enak badan dan kondisi kesehatan sudah mulai ‘ngedrop’, maka yang terbaik adalah tidak pergi bekerja. Selain karena tidak akan dapat fokus bekerja, dan juga memperburuk kondisi Anda, itu juga bisa berpeluang menularkan ke rekan-rekan kerja Anda. Jika Anda menggunakan alasan ini, penting untuk memberi tahu atasan Anda segera setelah Anda merasa tidak enak badan dan jika bisa segera lakukan pemeriksaan kesehatan ke dokter untuk menerima resep dan juga surat keterangan sakit sebagai bukti otentik kepada atasan Anda.

Keluarga Sakit (Emergency)

Keadaan darurat keluarga dapat merujuk pada berbagai keadaan seperti anak yang sakit atau orang tua, kecelakaan mobil atau operasi yang tidak terduga. Jika Anda menghadapi salah satu dari situasi ini, segera beri tahu atasan Anda dan terus perbarui tentang rencana dan pengaturan apa pun dan kapan Anda bisa kembali bekerja.

Masalah Rumah

Ada banyak masalah tak terduga yang dapat membuat Anda tidak bisa bekerja, misalnya pipa air pecah, septic tank jebol, pohon tumbang atau transmisi rusak. Seperti alasan lainnya, beri tahu atasan Anda segera setelah Anda melihat masalahnya. Beri tahu atasan Anda apakah Anda dapat menyelesaikan beberapa pekerjaan dari rumah atau akan kembali bekerja nanti di shift Anda.

Baca juga: Trik Jitu Atasi Malas agar IPK Tidak Turun

Janji Temu Penting

Setiap orang tentunya memiliki urusan pribadinya masing-masing di luar kantor dan demi menyelesaikannya mungkin Anda perlu menemui pihak lain yang memang dapat membantu Anda. Contohnya, Anda perlu menemui seorang kuasa hukum untuk menyelesaikan permasalahan Anda dengan suatu hal. Untuk menemui kuasa hukum tersebut juga tentu anda harus bertemu di saat jam kerja yang bersangkutan.

Kegiatan Agama

Meskipun terkadang tanggal-tanggal penting hari raya memang sudah dinyatakan menjadi hari libur di kalender tahunan. Tetapi ada juga beberapa kegiatan agama tertentu yang harus dijalankan tetapi tidak terdaftar di kalender, tentu hal ini bisa menjadi alasan untuk izin tidak masuk.

Sekian artikel tentang beberapa alasan tidak masuk kerja yang masuk akal. Bila menyukai artikel ini bisa Anda bagikan. Jika ada kritik dan saran bisa tulis pada kolom komentar. Terima kasih.

Baca juga: 5 Tips Mengatur Gaji agar Tidak Cepat Habis


Editor: Theo Adi -

     

Komentar