Berikut 5 Skill yang Wajib Dikuasai Customer Service
Siker.id | 25 Jan 2022 11:30


Bagikan ke
Skill yang wajib dikuasai customer service. (siker)

siker.id - Customer service (CS) adalah pelayanan pelanggan yang penting bagi suatu bisnis. Menjadi penghubung antara pelanggan dan perusahaan, costumer service adalah garda terdepan yang tidak boleh disepelekan. Costumer Service yang optimal bisa menjadi kunci kesuksesan perusahaan. CS bertugas memberikan kepuasan kepada pelanggan yang ingin mendapatkan informasi mengenai barang/jasa yang ditawarkan. Bertambahnya pelanggan baru dan kembalinya pelanggan lama bisa dipengaruhi dari kualitas customer service. Berminat jadi seorang CS? Berikut skill yang wajib dimiliki seorang customer service!

Baca juga: 5 Analytical Skill yang Perlu Anda Kuasai

Berbahasa yang baik

Kemampuan berbahasa yang baik adalah skill utama seorang customer service. Ketika menjawab pertanyaan pelanggan, CS harus bisa menggunakan bahasa yang positif. Hal yang sama juga harus dilakukan ketika CS harus memberi informasi yang bakal mengecewakan atau tidak sesuai ekspektasi pelanggan. Kemampuan berbahasa ini sangat penting dimiliki CS.

Problem solving

Skill selanjutnya yang wajib dimiliki oleh seorang CS adalah problem solving alias kemampuan menyelesaikan masalah. Seorang CS harus bisa memberikan solusi yang tepat dan cepat kepada pelanggan yang melakukan komplain. CS harus bisa memberikan solusi terbaik yang menguntungkan pelanggan sekaligus perusahaan. Pelanggan yang merasa terbantu akan merasa puas dan tidak jarang kembali lagi untuk membeli atau menggunakan produk yang ditawarkan perusahaan.

Empati

Selain komunikasi, skill lain yang juga harus dimiliki oleh seorang customer service adalah empati. Empati merupakan contoh dari interpersonal skill yaitu perilaku yang memungkinkan untuk bekerja sama dengan orang lain. Menjadi customer service tentu kamu akan selalu berhadapan dengan pelanggan berbeda dengan segala keluhan atau pertanyaannya. Itulah mengapa diperlukan skill empati yang bisa membantumu mengetahui apa yang dirasakan oleh pelanggan. Saat kamu bisa merasakan kesulitan yang dialami pelanggan, tentu akan lebih mudah untuk mencari jalan keluarnya dan memberikan layanan yang terbaik.

Baca juga: Berikut 5 Skill yang Diperlukan Untuk Menjadi Staf Pajak

Adaptasi

Saat bekerja umumnya seorang customer service mengandalkan script dalam memberikan jawaban untuk segala pertanyaan dan keluhan. Hal itu bertujuan agar tanggapan yang diberikan tetap konsisten kepada setiap pelanggan. Namun, sering juga customer service harus dihadapkan dengan segala permasalahan baru yang dimiliki oleh pelanggan. Oleh karena itu, kamu harus bisa beradaptasi dengan segala keadaan dan tidak boleh hanya tergantung pada script saja. Saat mudah beradaptasi, tentunya akan dimudahkan untuk mencari jalan keluar dari setiap keluhan dan pertanyaan yang diajukan.

Tekun dan Teliti

Ketika menyampaikan informasi dan menerima keluhan dari konsumen, seorang CS harus memasukkan data konsumen dan melakukan cross check alias pemeriksaan ulang. Di sini pentingnya ketekunan dan ketelitian. Jangan sampai CS salah memasukkan data pelanggan yang ujung-ujungnya bisa merugikan pelanggan dan perusahaan sekaligus.

Sekian artikel tentang skill yang harus dimiliki oleh customer service. Bila menyukai artikel ini bisa Anda bagikan. Jika ada kritik dan saran bisa tulis pada kolom komentar. Terima kasih

Baca juga: 5 Skill yang Diperlukan Dalam Industri Kreatif


Editor: Theo Adi -

0     0    

Komentar