Berikut 5 Tips Mengatasi Stres Akibat Tekanan Kerja
Siker.id | 23 Jan 2022 13:00


Bagikan ke
Tips mengatasi stres akibat tekanan kerja. (siker)

siker.id - Stres karena urusan pekerjaan merupakan keniscayaan bagi karyawan sampai pengusaha. Biasanya, tekanan pekerjaan berwujud tenggat (deadline), tugas baru yang berat, sampai konflik dengan rekan kerja. Stres tersebut lumrah apabila Anda masih bisa mengendalikannya. Namun, stres akibat tekanan pekerjaan menjadi persoalan ketika mulai mengganggu kesehatan mental dan fisik. Beberapa ciri-ciri stres akibat pekerjaan antara lain: sering cemas, tidak bersemangat dalam bekerja, susah tidur atau tidur tidak berkualitas, kelelahan, sulit berkonsentrasi, otot tegang, pusing, gangguan pada lambung, menarik diri dari pergaulan, tidak bergairah saat berhubungan seks dengan pasangan, mencari pelarian dengan alkohol, rokok, makanan, dll. Berikut ini tips mengatasi stress akibat tekanan kerja!

Baca juga: 5 Tips Mengatasi Stres Selama Pandemi

Redakan Stres dengan Liburan

Kalau stres yang Anda rasa sudah tak tertahankan, mungkin sudah saatnya butuh liburan! Siapa sih yang stres saat liburan? Sepertinya enggak ada deh! Tidak perlu liburan mahal-mahal kok, staycation di hotel yang unik pun sudah jadi liburan yang cukup untuk membebaskan diri dari stres!

Mencari Hiburan

Cara mengurangi stres berikutnya yaitu dengan menikmati jenis hiburan yang paling Anda senangi. Apakah jenis hiburan yang paling Anda suka lakukan di waktu senggang? Menonton, jalan-jalan, membaca, tidur, atau karaoke? Jika merasa stres, tak ada salahnya melarikan diri pada jenis hiburan yang Anda senangi tersebut agar tak merasa stres berkelanjutan.

Berolahraga dengan Rutin

Kombinasi antara pola makan yang baik dan olahraga yang baik terbukti mampu mencegah dan mengatasi berbagai jenis penyakit termasuk stres. Saat berolahraga tubuh memproduksi hormon endorfin yang dapat membuat tubuh lebih positif dan lebih bahagia. Alhasil, tingkat stres bisa jauh lebih berkurang, bahkan bisa hilang dengan olahraga!

Baca juga: Berikut 5 Pekerjaan dengan Tingkat Stres Rendah

Awali hari dengan senyuman

Terkadang, stres tidak hanya datang saat Anda sudah sampai di tempat kerja. Berkutat dengan jalanan yang macet di pagi hari acapkali membuat kepala Anda pusing. Ditambah pikiran yang membayangkan beban pekerjaan sudah menanti di kantor. Alih-alih membayangkan kerumitan pekerjaan, mulai hari dengan senyuman dan hal-hal baik. Seperti mendengarkan musik favorit. Atau bisa juga menyusun perencanaan kerja yang tepat.

Jangan malu bertanya

Salah satu faktor yang berkontribusi terhadap stres akibat pekerjaan adalah ketidaktahuan Anda terhadap ekspektasi atasan atau klien. Jika Anda memahami permintaan atasan atau klien, paling tidak Anda punya bayangan untuk mencari cara menyelesaikan pekerjaan. Selain bisa menjadi cara mengatasi stres kerja, Anda juga memahami strategi paling pas untuk merampungkan pekerjaan.

Sekian artikel tentang tips mengatasi stress akibat tekanan kerja. Bila menyukai artikel ini bisa Anda bagikan. Jika ada kritik dan saran bisa tulis pada kolom komentar. Terima kasih.

Baca juga: Berikut Profesi Dengan Tingkat Stres Tinggi


Editor: Theo Adi -

0     0    

Komentar