5 Tips Agar Pendapat Didengar Rekan Kerja
Siker.id | 23 Jan 2022 11:00


Bagikan ke
Tips agar pendapat didengar oleh rekan kerja. (siker)

siker.id - Pendapatmu sering diabaikan oleh rekan kerja? Tak perlu sedih, sebenarnya ada beberapa tips agar sebuah pendapat bisa dihargai. Tips-tips ini memang perlu dimulai dari diri sendiri. Kamu harus percaya diri dan yakin dengan opini yang ingin disampaikan. Jika terus dipraktikkan, orang-orang di sekitar pasti mendengarkan pendapatmu. Berikut beberapa tips agar pendapatmu di dengar oleh rekan kerja dan atasan!

Baca juga: Berikut Tips Menegur Kesalahan Rekan Kerja selama WFH

Percaya diri

Modal utama dalam menyampaikan pendapat adalah rasa percaya diri. Sebagus dan sebrilian ide yang akan disampaikan, kalau kamu tidak percaya diri maka semua itu nggak maksimal. Kamu akan terlihat tidak yakin dan justru mengundang ketidakpercayaan. Jangan pernah merasa ragu kalau kamu tahu itu memang ide yang tepat. Buat orang lain terkesima dengan gaya bicaramu.

Pembahasan sesuai masalah

Pastikan kamu mengutarakan pendapat di saat yang tepat atau sesuai dengan masalah. Fokuskan pikiran pada kasus yang sedang dibahas di kantor. Jangan pernah menyeletuk saat suasana sedang tegang atau serius, hal itu dapat membuat jelek citra dirimu di hadapan orang lain. Jangan lupa perkuat pendapat dengan fakta yang ada.

Gunakan kata-kata konkret

Semakin konkret pikiran, semakin jelas ucapan, dan semakin banyak orang, maka orang akan mendengarkan dan memahami apa yang kamu ucapkan. Cobalah untuk tidak menggunakan kata-kata absolut seperti "selalu" atau "tidak pernah". Pendapatmu akan lebih persuasif jika kamu lebih spesifik. Maka orang yang mendengarmu akan merasa tergugah untuk menyetujuinya.

Baca juga: Bagaimana Menghadapi Rekan Kerja yang Caper pada Atasan?

Lebih awal, lebih baik

Pernahkah kamu berada di situasi ketika harus berpendapat, tetapi pendapatmu sudah disampaikan oleh orang lain? Jangan sampai hal tersebut terjadi berulang kali. Biasanya, kondisi itu terjadi ketika kamu tidak berani menyampaikan pendapat di awal rapat. Kamu terus menunda untuk berbicara hingga akhirnya pendapat tersebut diungkapkan orang lain. Oleh karena itu, usahakan kamu menyampaikan pendapat di awal rapat. Tips ini terbilang ampuh agar sebuah pendapat dihargai.

Bicara dengan tenang

Ketika ada suatu masalah, kamu mungkin berapi-api. Kamu ingin menyuarakan pendapatmu dengan lantang dan tegas. Namun, tips agar pendapat tersebut dihargai, bicaralah dengan tenang dan pelan. Jangan salah, bicara tenang bukan berarti tidak tegas, kok. Justru dengan bicara pelan, orang lain harus menghentikan aktivitasnya demi mendengarkanmu.

Sekian artikel tentang tips menyampaikan pendapat agar didengar dan diterima rekan kerja dan atasan. Bila menyukai artikel ini bisa Anda bagikan. Jika ada kritik dan saran bisa tulis pada kolom komentar. Terima kasih.

Baca juga: Berikut 5 Ciri Rekan Kerja yang Banyak Modus


Editor: Theo Adi -

0     0    

Komentar