5 Analytical Skill yang Perlu Anda Kuasai
Siker.id | 22 Jan 2022 13:45


Bagikan ke
Analytical skill yang perlu Anda kuasai. (siker)

siker.id - Persaingan terhadap posisi pekerjaan saat ini semakin ketat. Kita tahu bahwa jumlah lowongan yang tersedia belum bisa mengimbangi jumlah pencari kerja. Karena itulah kita dituntut untuk memiliki kemampuan yang memadai agar dapat memenangkan persaingan. Analytical skills atau kemampuan analitis adalah salah satu soft skill yang sering kali tercantum pada kriteria calon pekerja yang diinginkan perusahaan. Analytical skills ini mengacu pada kemampuan seseorang untuk mengidentifikasi masalah, mengumpulkan bukti yang relevan sebagai bahan pengambilan keputusan, serta memilih solusi yang logis untuk dilakukan. Berikut adalah beberapa tipe analytical sklii yang perlu Anda ketahui!

Baca juga: Berikut 5 Skill yang Diperlukan Untuk Menjadi Staf Pajak

Berpikir kritis

Kemampuan berpikir kritis atau critical thinking adalah salah satu contoh analytical skills yang membantu kamu untuk dapat berpikir secara jernih dan rasional. Kemampuan ini dibutuhkan saat kamu harus memecahkan masalah di tempat kerja. Pasalnya untuk memecahkan masalah secara efektif, kamu harus mampu menggunakan logika untuk memahami mengapa masalah terjadi.

Berpikir kreatif

Tidak hanya critical thinking, creative thinking juga adalah salah satu contoh analytical skills yang dibutuhkan karyawan. Memiliki kemampuan ini dapat mendorong kamu untuk mampu untuk melihat masalah dari berbagai sudut pandang sehingga mampu mencoba berbagai metode dan pendekatan alternatif yang dapat membantu proses pemecahan masalah.

Analisis data

Kemampuan mengumpulkan dan menganalisis data merupakan bagian integral dari analytical skills. Kemampuan analisis data dapat ditunjukkan dengan kemampuan menemukan dan mendeteksi pola dalam kumpulan data. Hal ini dibutuhkan terutama dalam menemukan solusi yang tepat untuk menyelesaikan suatu masalah.

Baca juga: 5 Skill yang Diperlukan Dalam Industri Kreatif

Komunikasi

Secara umum, berbagai konflik sering kali disebabkan karena adanya miskomunikasi. Dengan demikian, kemampuan komunikasi menjadi sarana utama dalam menyampaikan segala proses berpikir yang telah dilakukan. Komunikasi yang dilakukan harus dipastikan merupakan efektif agar kedua belah pihak, komunikator dan komunikan, akhirnya memiliki pemahaman yang sama. Data yang dikumpulkan beserta ide-ide yang disiapkan tidak akan berharga jika tidak dapat disampaikan dengan baik. Maka dari itu, presentasi harus disiapkan dengan optimal, baik dari segi teknis dan non-teknis.

Research skill

Untuk menyelesaikan suatu permasalahan, kita perlu memiliki rasa ingin tahu yang besar yang diimbangi dengan kesabaran untuk menelaah setiap detail yang ada. Sebuah permasalahan dapat diselesaikan dengan adanya bukti-bukti yang relevan. Bukti-bukti tersebut dapat dikumpulkan melalui riset. Di sinilah research skill akan sangat berguna untuk dapat mengumpulkan informasi dari sumber terpercaya. Kemampuan ini bisa kamu latih sejak masa sekolah bahkan kuliah.

Sekian artikel tentang jenis analytical skill yang perlu Anda kuasai. Bila menyukai artikel ini bisa Anda bagikan. Jika ada kritik dan saran bisa tulis pada kolom komentar. Terima kasih.

Baca juga: Berikut 5 Skill yang Diperlukan Dalam Dunia Kerja


Editor: Theo Adi -

0     0    

Komentar