icon Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp
5 Kesalahan yang Sering Dilakukan Pegawai Baru
Siker.id | 21 Jan 2022 17:00


Bagikan ke
Kesalahan yang sering dilakukan pegawai baru. (siker)

siker.id - Selamat, Anda telah bekerja di tempat baru! Kalau Anda memang sangat menginginkan pekerjaan tersebut, maka Anda mungkin merasa sedikit gugup. Sebenarnya, Anda ingin memberikan kesan terbaik pada pekan pertama. Namun, kadang yang terjadi adalah Anda malah berperilaku tidak rasional. Sebab, Anda terlalu cemas memikirkan cara beradaptasi dengan rekan kerja dan ruang kantor, memikul tanggungjawab, hingga berusaha menyelesaikan satu tugas dengan baik. Berikut beberapa kesalahan yang dilakukan anak baru di tempat kerja!

Baca juga: Berapa Besaran Gaji Pegawai Magang?

Terlalu sering mengeluh

Terlalu banyak mengeluh hanya akan membuat Anda sebagai pribadi yang lemah dan tidak bisa kerja. Bukan berarti Anda tidak boleh mengeluh tetapi simpan keluhan Anda di awal-awal bekerja. Atau curhatlah dengan teman, jangan curhat dengan rekan kantor yang bisa saja bersegera menilai Anda sebagai orang yang lemah.

Jarang menyapa rekan kerja

Sependiamnya Anda dan sejuteknya wajah orang-orang di kantor Anda harus lebih ramah menyapa mereka. Bukan lingkungan kantor yang beradaptasi dengan Anda tetapi Andalah yang harus merendahkan hati dan beradaptasi dengan mereka.

Minta kenaikan gaji

Baru enam bulan bekerja Anda minta kenaikan gaji? Wajar saja ditolak! Masih untung Anda tidak mendapat kata-kata kasar dari atasan yang bisa saja kesal karena permintaan Anda yang terlalu dini. Apalagi kalau Anda dibilang masih beradaptasi dengan lingkungan kerja tersebut.

Baca juga: Berikut 5 Tips Memperhatikan Kesejahteraan Pegawai

Terlalu banyak bertanya dan tidak bertanya

Ketika memulai pekerjaan baru, seseorang tergoda untuk mengungkapkan segala pertanyaan yang ada di kepala. Namun, Anda ragu karena takut rekan kerja akan terganggu akan pertanyaan-pertanyaan. Selain itu, kalau sering bertanya akan membuat Anda tampak lemah dan tidak kompeten. Akhirnya Anda memendam rasa ingin tahu dan malah membuat banyak kesalahan dalam pekerjaan. Sebaliknya, jika memutuskan untuk banyak bertanya pada rekan kerja, maka Anda akan terlihat lemah dan tidak bisa mandiri.

Berpura-pura tahu segalanya

Sebagian pegawai baru merasa sombong. Anak baru tersebut berpikir bahwa perusahaan telah memilihnya karena dia adalah kandidat terbaik. Akhirnya, pada hari pertama di kantor, dia akan mengkritik orang lain dan mencoba mengajarkan cara kerja yang baru pada rekan kerja. Pada akhirnya, dia akan tampak bodoh, karena informasi yang dikumpulkan tidak terlalu banyak. Sebaliknya, ada pula orang yang selalu menyembunyikan wajahnya di balik laptop.

Sekian artikel tentang kesalahan yang sering dilakukan pegawai baru di tempat kerja. Bila menyukai artikel ini bisa Anda bagikan. Jika ada kritik dan saran bisa tulis pada kolom komentar. Terima kasih

Baca juga: Berikut Ini Keuntungan Menjadi Pegawai Swasta


Editor: Theo Adi -

     

Komentar