icon Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp
Berikut 5 Tips Bekerja dengan Orang Asing
Siker.id | 21 Jan 2022 15:00


Bagikan ke
Tips bekerja dengan orang asing. (siker)

siker.id - Bekerja dan berhubungan dengan orang asing tentu tidak selalu semudah ketika kamu bekerja dengan orang Indonesia pada umumnya. Hal ini sangat wajar, mengingat ada perbedaan budaya dan kebiasaan yang akan ditemukan. Jangan sampai perbedaan yang ada membuat kamu merasa tidak nyaman atau bahkan kesulitan, hanya karena tidak siap menghadapi kondisi lingkungan kerja yang beragam. Bukannya produktif, kamu justru bisa saja kehilangan banyak peluang emas dalam mengembangkan karir profesionalmu. Hindari berbagai kendala yang tidak perlu seperti ini sejak awal. Berikut tips sukses agar bisa bekerja dengan orang sukses!

Baca juga: Berikut 5 Keuntungan Bekerja Secara Remote

Luangkan waktu untuk saling kenal di luar pekerjaan

Kita bisa saling mengenal lebih baik ketika semua anggota tim berbasis di kantor yang sama. Kita tahu si A yang mana, si B duduk di mana, dan bahkan suka jajan bareng dengan si C. Tentu beda rasanya jika rekan kerja kita di luar negeri. Komunikasi sehari-hari kebanyakan lewat chat atau via email, mungkin sesekali video conference. Bekerja dalam tim global bukan sekadar mengerjakan sebuah proyek bersama. Oleh karena itu sempatkan berinteraksi dan ngobrol hal-hal lain di luar kerjaan dengan rekan kerja kamu yang ada di luar negeri. Cara ini akan sangat membantu untuk team building dan mengenal lebih dalam seperti apa mereka sebetulnya.

Cocokkan time zone

Ketika kerja di perusahaan multinasional, besar kemungkinan rekan satu tim tinggal di negara yang zona waktunya berbeda jauh dengan kita di Indonesia. Mungkin mereka di Eropa, yang selisih waktunya bisa kira-kira enam sampai delapan jam lebih lambat dengan Jakarta. Perhatikan betul perbedaan waktu ini supaya kamu tidak melanggar waktu pribadi mereka. Sebisa mungkin jangan mengirim email atau chat untuk membahas pekerjaan di luar jam kantor mereka. Caranya, tambahkan timezone dari masing-masing kantor cabang di widget World Clock yang ada di laptop kamu.

Catat hari libur nasional di setiap negara

Setiap negara punya tanggal merahnya masing-masing. Setiap orang pun menghormati dan merayakan hari raya dengan cara yang berbeda. Maka, catat setiap hari libur nasional dan keagamaan di masing-masing negara. Perhatikan pula mana tanggal merah yang paling penting bagi setiap individu.

Baca juga: 5 Keuntungan Bekerja Dalam Industri Media dan Kreatif

Pelajari kebiasaan mereka dan lingkungan kerja

Jangan lupa untuk menyesuaikan diri dengan lingkungan kerja, termasuk dengan orang asing dan pekerja lainnya yang ada di sana. Kamu bisa mempermudah hal ini dengan mempelajari budaya mereka, termasuk budaya di lingkungan kerja kamu tersebut. Hal ini akan mempermudah kamu memahami lingkungan kerja dan orang-orang yang ada di dalamnya.

Memiliki kemampuan yang baik dalam berbahasa asing

Komunikasi menjadi salah satu kunci kesuksesan dalam membangun hubungan kerja yang sehat. Kamu harus bisa menempatkan komunikasi yang profesional, termasuk dengan para pekerja asing di lingkungan kerja kamu. Jika saat ini kamu belum memiliki kemampuan bahasa asing yang cukup untuk berkomunikasi dengan baik, segera belajar dan mengasah kemampuan kamu. Idealnya, kamu bisa menguasai bahasa asing yang paling umum seperti bahasa Inggris.

Sekian artikel tentang tips bekerja dengan orang asing. Bila menyukai artikel ini bisa Anda bagikan. Jika ada kritik dan saran bisa tulis pada kolom komentar. Terima kasih

Baca juga: Berikut ini 5 Tips Kuat Bekerja di Pabrik


Editor: Theo Adi -

     

Komentar