icon Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp
Berikut 5 Dampak Buruk Menjadi People Pleasure
Siker.id | 21 Jan 2022 13:45


Bagikan ke
Dampak buruk menjadi people pleasure. (siker)

siker.id - People pleasure adalah sebutan yang ditujukan untuk seseorang yang punya kecenderungan untuk selalu menyenangkan dan membahagiakan orang lain. Hal ini justru jadi merugikan diri sendiri kalau tidak diberi batasan. Apalagi kalau sampai dikelilingi oleh orang yang buruk, mereka bisa memanfaat sisi pribadimu sebagai people pleasure untuk menguntungan dirinya sendiri. Pokoknya ada banyak banget kerugiannya yang bakal bikin kamu capek sendiri dalam menjalaninya. Berikut dampak buruk menjadi “people pleasure”!

Baca juga: Apa Dampak Negatif Kuliah Sambil Kerja?

Hilang Jati Diri

People pleaser dapat kehilangan jati dirinya karena terlampau sibuk mengurus orang lain dan apa yang orang tersebut inginkan. Akibatnya, people pleaser hanya tahu keinginan orang lain tapi tidak tahu apa yang dirinya sendiri inginkan. Lebih lanjut, people pleaser dapat sering merasa kosong dalam hatinya karena tidak tahu siapa dirinya, apa yang diinginkan, apa yang disukai dirinya, dan sebagainya.

Semakin Sulit Menolak Ajakan atau Perintah Orang Lain

Memang salah satu ciri people pleaser adalah sulit menolak ajakan atau perintah orang lain. Namun, lantaran terlalu sering menuruti ajakan atau perintah orang-orang di sekitarnya, people pleaser jadi semakin sulit untuk menolaknya. Akibatnya, people pleaser jadi kekurangan atau bahkan kehilangan waktu istirahat untuk dirinya sendiri sebab terlalu sibuk mengurus orang lain.

Tidak Bisa Kembangkan Potensi Diri

Dampak people pleaser yang satu ini sebenarnya masih terkait dengan penjelasan poin sebelumnya. Karena hampir semua waktu yang dimilikinya digunakan untuk menyenangkan orang lain, people pleaser jadi tidak punya waktu untuk dirinya sendiri. Waktu untuk diri sendiri tersebut tidak hanya untuk istirahat tapi juga untuk melakukan hobi maupun pekerjaan penting.

Baca juga: Berikut Dampak Membawa Kerjaan Kantor Kerumah

Merasa capek sendiri karena merasa harus mengutamakan orang lain

Ciri yang menggambarkan bahwa dirimu merupakan seorang people pleasure ialah sikapmu yang selalu mengutamakan orang lain, bahkan terkadang bisa sampai lupa pada diri sendiri. Hal ini lama kelamaan bisa membuatmu capek sendiri karena terus memprioritaskan orang lain di dalam hidupmu. Karena balasan yang kamu dapat terkadang tidak setimpal dengan perlakuanmu yang baik pada orang lain. Kamu mungkin berhasil membahagiakan orang lain, tapi tidak dengan dirimu sendiri.

Stres menyelesaikan masalah sendiri karena tak ingin menyusahkan orang lain

Saking inginnya membahagiakan orang lain, kamu jadi berani untuk cerita kesulitan hidup yang kamu alami. Meski pada kenyataannya kamu selalu berusaha membantu kalau orang lain kesulitan, tapi ada ketakutan tersendiri bagi seorang people pleasure untuk membebani orang lain terhadap masalahnya. Pokoknya apapun itu selalu berusaha diselesaikan sendiri, bahkan terkadang mungkin merasa stres ketika semua beban ditanggung sendiri.

Sekian artikel tentang dampak buruk menjadi people pleasure. Bila menyukai artikel ini bisa Anda bagikan. Jika ada kritik dan saran bisa tulis pada kolom komentar. Terima kasih

Baca juga: Berikut Dampak Terlalu Memforsir Pekerjaan


Editor: Theo Adi -

     

Komentar