icon Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp
5 Tips Meminta Kenaikan Gaji yang Sopan
Siker.id | 20 Jan 2022 19:20


Bagikan ke
Tips meminta kenaikan gaji yang sopan. (siker)

siker.id - Biaya kebutuhan hidup kamu semakin tinggi, namun beban kerja yang kamu kerjakan semakin bertambah? Sepertinya harus ada kenaikan gaji yang realitstis. Hal ini menjadi wajar-wajar saja jika beban pekerjaan yang kamu terima sudah tidak sesuai kesepakatan di awal perjanjian kontrak kerja. Namun, apakah etis jika kamu langsung begitu saja meminta kenaikan gaji kepada atasan? Selama kamu bisa menyampaikan permohonan tersebut dengan etika yang baik dan punya alasan kuat, maka sah-sah saja jika kamu mengajukan kenaikan gaji pada atasan. Ingat, gaji adalah salah satu bentuk penghargaan perusahaan atas apa yang sudah kamu kerjakan secara profesional. Meskipun, bisa saja permintaan itu ditolak. Berikut tips meminta kenaikan gaji yang sopan pada atasan!

Baca juga: Berapa Besaran Gaji Pegawai Magang?

Cek Kondisi perusahaan

Cara pertama minta naik gaji adalah melihat dulu kondisi perusahaan. Cek apakah ada PHK, cuti tanpa upah, atau penundaan penerimaan karyawan baru belakangan ini? Apakah ada restrukturisasi dan perampingan organisasi? Apakah ada pemotongan gaji? Juga, bagaimana industri secara umum, apakah tetap baik-baik saja atau sebaliknya? Amati dan teliti, cek informasi terbaru mengenai perusahaan dan industrinya, dan jangan ragu bertanya pada atasan atau HRD mengenai kondisi perusahaan.

Koneksi dan hubungan dengan rekan kerja

Cara minta naik gaji selanjutnya adalah cek tentang koneksi dan hubungan dengan rekan-rekan kerja kamu selama ini. Memiliki hubungan yang baik dengan orang-orang yang tepat dalam perusahaan penting untuk kemajuan karier Anda. “Koneksi” yang paling utama adalah dengan atasan. Menjalin hubungan baik dengan atasan adalah kunci untuk dukungan dan mendapat apa yang pantas kamu dapatkan.

Cek waktu rutin naik gaji

Cari tahu juga apakah ada waktu-waktu tertentu yang normalnya telah ditetapkan atau rutin untuk promosi dan kenaikan Misalnya, ketika performance review tahunan. Informasi mengenai kenaikan gaji rutin bisa Anda cari di buku pedoman karyawan atau cek lagi email yang pernah Anda terima dulu mengenai informasi tersebut. Anda bisa juga bertanya pada atasan, personalia, atau rekan kerja tepercaya tentang tradisi kenaikan gaji dalam perusahaan. Kalau memang rencana sudah sejalan dengan aturan perusahaan tentang waktu kenaikan gaji, siapkan diri dan rencanakan cara minta naik gaji.

Baca juga: Berikut 5 Cara Mengatur Gaji yang Pas-pasan

Jangan mendadak

Pembicaraan mengenai kenaikan gaji dipersiapkan beberapa bulan sebelum Anda membicarakannya dengan atasan. Dalam jangka waktu yang panjang itu, Anda sebisa mungkin dapat menunjukkan performa terbaik Anda saat bekerja. Kinerja yang baik bisa menjadi alasan kuat untuk Anda minta naik gaji kepada atasan.

Tingkatkan prestasi kerja

Perusahaan tentu akan sangat senang jika seorang karyawan bekerja dengan maksimal dan memiliki prestasi yang baik. Hal ini bisa dijadikan sebagai salah satu langkah cerdas untuk mendapatkan kenaikan gaji dalam waktu yang cepat. Mulailah bekerja dengan lebih baik dan maksimal dari sebelumnya, sehingga pihak perusahaan bisa melihat kinerja serta prestasi yang telah mengalami peningkatan tersebut.

Sekian artikel tentang tips meminta kenaikan gaji yang sopan. Bila menyukai artikel ini bisa Anda bagikan. Jika ada kritik dan saran bisa tulis pada kolom komentar. Terima kasih.

Baca juga: Berikut Alasan Gaji Tiap Karyawan Berbeda


Reporter: Azzachra Rara
Editor: -

     

Komentar