icon Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp
Berikut Tugas Utama dari Seorang Editor Video
Siker.id | 20 Jan 2022 22:00


Bagikan ke
Tugas utama seorang editor video. (siker)

siker.id - salah satu kunci keberhasilan sebuah film atau video adalah proses editing. Editing video merupakan proses memilih, merangkai, menyusun ulang, dan memanipulasi video-video yang sudah direkam menjadi satu rangkaian video sehingga menjadi sebuah cerita utuh sebagaimana yang diinginkan sesuai konsep yang telah ditentukan. Ketika proses editinglah inilah gambar-gambar yang tidak penting dan tidak sesuai dengan konsep harus dihilangkan, susunan video harus dirangkai sesuai dengan durasi yang telah ditentukan, dan hal-hal yang kurang enak dilihat akan didedit dan ditambahkan, sehingga akhirnya menjadi rangkaian video utuh yang layak ditampilkan ke publik. Untuk lebih jelasnya berikut ini beberapa tugas seorang editor video yang perlu Anda tahu!

Baca juga: Apa Tugas Video Editor Dalam Perusahaan Media?

Menyunting video

Menyunting atau mengumpulkan video yang telah diambil atau direkam adalah hal pertama yang semestinya dilaksanakan oleh seorang video editor. Video-video hal yang demikian itulah hasil kerja para kameramen yang masih belum diolah, atau masih seusai dengan format aslinya. Segala video yang terkait dengan naskah atau skenario semestinya dikumpulkan di dalam satu hardisk atau ingatan penyimpanan untuk mempermudah performa berikutnya.

Menyusun ulang

Setelah seluruh video yang direkam selama cara kerja shooting telah dikumpulkan, editor sepatutnya membentuk ulang video-video hal yang demikian layak dengan urutan sebagaimana tercantum dalam naskah atau skenario. Untuk mempermudah pembentukan ulang video-video hal yang demikian, biasanya seorang editor akan bertolak ukur pada clapperboard (papan clip) yang umumnya dishooting di permulaan adegan. Dalam clapperboard hal yang demikian terdapat catatan mengenai nomor urut adegan, scene, dan data-data lain mengenai pengambilan gambar.

Memfilter video

Memfilter video berarti memilih gambar-gambar yang penting saja dan memberikan efek dan manipulasi grafik lainnya untuk meningkatkan tampilan video supaya lebih enak untuk dipandang juga supaya terhindar dari gambar-gambar yang mengganggu jalannya cerita. Kecuali itu, pada cara kerja filterasi ini seorang editor juga sepatutnya mengendalikan transisi atau perpindahan dari satu adegan ke adegan lain menjadi lebih halus. Saringan video juga terkait dengan tata sinar pada gambar-gambar yang telah dikumpulkan. Pada cara kerja ini, editor sepatutnya memilih dan memilih mutu video yang paling bagus dan paling layak dengan naskah.

Baca juga: Apa Peran Editor Dalam Dunia Jurnalistik?

Olah Suara

Setelah memfilter video, tugas selanjutnya dari seorang editor video adalah mengolah suara, baik suara asli yang muncul ketika proses pengambilan gambar atau suara-suara tambahan yang perlu ditambahkan untuk memperkuat suasana video, misalnya sound effect atau musik. Dalam hal ini, seorang editor harus bekerja sama dengan penata suara dan penata musik agar menghasilkan suara yang sesuai dengan konsep.

Membuat Titel

Setelah semua gambar atau video sudah tersusun menjadi kesatuan cerita yang utuh dan sesuai dengan skenario, tugas selanjutnya adalah membuat titel pada video tersebut, yaitu informasi teks atau keterangan yang berkaitan dengan materi video.

Sekian artikel tentang tugas utama seorang editor video. Bila menyukai artikel ini bisa Anda bagikan. Jika ada kritik dan saran bisa tulis pada kolom komentar. Terima kasih.

Baca juga: Berikut 5 Jurusan yang Paling Banyak Dicari Perusahaan


Reporter: Azzachra Rara
Editor: -

     

Komentar