icon Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp
5 Alasan Perlu Mempertahankan Disiplin Kerja
Siker.id | 20 Jan 2022 14:20


Bagikan ke
Cara mempertahankan disiplin kerja. (siker)

siker.id - Disiplin itu merupakan sebuah sikap yang selalu tepat janji, sehingga orang lain mempercayainya. Selain menepati janji kepada orang lain, pemilik sifat ini akan selalu konsisten dengan apa yang ia ucapkan dan memiliki komitmen yang tinggi atas segala sesuatu yang ia kerjakan. Oleh karena itu, memiliki sifat disiplin ini merupakan sebuah keharusan agar kamu dapat menjadi seorang pekerja yang baik. Mengapa disiplin kerja perlu Anda terapkan? Berikut alasannya!

Baca juga: 5 Tips Menjaga Kebersihan Lingkungan Kerja

Mengurangi masalah karena perilaku tidak disiplin

Hasil dan tujuan utama dari menerapkan kedisiplinan di kantor adalah membatasi dan mengurangi masalah akibat perilaku tidak disiplin. Misalnya, keterlambatan kerja yang sering mengganggu produktivitas karyawan dan timnya.

Menjaga standar perusahaan

Ketika diterapkan secara konsisten, sistem disiplin kerja akan memperkuat aturan yang telah ditetapkan perusahaan dan mampu meningkatkan moral serta menjaga standar perusahaan. Selain itu, karyawan juga cenderung lebih menghormati aturan di tempat kerja dan mengurangi kemungkinan pelanggaran dan sanksi kedisiplinan terjadi.

Menjaga konsistensi kerja

Disiplin kerja dapat menjaga peraturan dan sistem kantor untuk berjalan secara konsisten. Jadi, dengan kedisiplinan yang diterapkan, karyawan maupun pihak perusahaan jadi tidak dapat mengubah peraturan. Dengan begitu, konsistensi kerja pun akan terjaga.

Baca juga: Berikut Cara Merespon Kritikan di Tempat Kerja

Anda seorang profesional

Kenapa harus disiplin? Anda kan seorang pekerja profesional, sudah selayaknya memiliki sifat disiplin dalam bekerja, dan bagaimana mungkin Anda dapat bekerja sebagai seorang profesional yang baik tanpa memiliki tingkat disiplin yang tinggi? Dan buktikanlah kepada atasan bahwa Anda memang layak untuk mendapatkan bayaran yang tinggi.

Demi mempertahankan pekerjaan

Pemutusan hubungan kerja kerap kali terjadi lantaran kurangnya rasa disiplin yang diterapkan oleh beberapa pegawai. Lantaran tidak memiliki rasa disiplin yang baik. Pekerja yang seperti ini, kerap kali terlambat dalam datang dan tidak mampu menyelesaikan tugasnya pada waktu yang telah ditentukan. Dan mana ada satu perusahaan pun yang ingin memiliki tipe pekerja yang demikian. Oleh karena itu demi mempertahankan posisi Anda di dalam perusahaan, milikilah rasa disiplin ini.

Sekian artikel tentang alasan mempertahankan disiplin kerja. Bila menyukai artikel ini bisa Anda bagikan. Jika ada kritik dan saran bisa tulis pada kolom komentar. Terima kasih.

Baca juga: Berikut 5 Skill yang Diperlukan Dalam Dunia Kerja


Reporter: Azzachra Rara
Editor: -

     

Komentar