icon Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp
5 Kendala Dalam Proses Rekrutmen Karyawan
Siker.id | 20 Jan 2022 19:00


Bagikan ke
Kendala proses rekrutmen karyawan. (siker)

siker.id - Untuk mendapatkan karyawan yang bisa bekerja secara efisien, dan efektif dalam pekerjaannya banyak perusahaan yang mengacu kepada prinsip “the right man in the right place”. Mencari karyawan yang pas dan bertalenta dalam melakukan pekerjaannya, perusahaan harus memiliki strategi dalam perekrutan karyawan. Perekrutan ini penting untuk membangun tim yang kuat dalam sebuah perusahaan. Tapi kadang ada saja kendala rekrutmen yang bisa tiba-tiba muncul. Maka dari itu pemahaman cara mengatasi kendala rekrutmen itu sangat dibutuhkan bagi perusahaan. Buntut dari kesalahan dalam pemilihan karyawan bisa berdampak bagi perusahaan seperti kinerja karyawan rendah maka reputasi perusahaan juga dipertaruhkan. Berikut ini beberapa kendala yang sering ditemui dalam proses rekrutmen!

Baca juga: Berikut 5 Kesalahan Dalam Proses Rekrutmen Karyawan

Terbatasnya Pilihan Kandidat yang Tepat

Jika HRD mencari kandidat yang tepat dalam kumpulan kandidat yang tidak memenuhi syarat, maka pilihan HRD untuk mencari kandidat yang tepat sangat terbatas. Pada akhirnya, HRD hanya akan merekrut kandidat terbaik yang dapat mereka temukan saat itu, bukan kandidat yang paling cocok dengan posisi tersebut. Hal tersebut menunjukkan bahwa jumlah kandidat yang banyak dapat menjadi salah satu kendala dalam rekrutmen karyawan.

Sulit Menjelaskan Proses Wawancara

Setiap pekerjaan tentunya memiliki proses seleksi yang berbeda-beda, mungkin ada beberapa pekerjaan yang mengharuskan kandidat untuk melakukan berbagai tahapan wawancara sehingga memakan waktu yang lama. Oleh karena itu, penting bagi HRD untuk menjelaskan setiap tahapan rekrutmen kepada semua kandidat untuk memastikan mereka memiliki waktu maksimal untuk mempersiapkannya.

Mencari Kandidat yang Serupa dengan Sebelumnya

Salah satu kendala rekrutmen paling umum yang dilakukan banyak perusahaan selama proses rekrutmen karyawan adalah mencari kandidat yang mirip dengan karyawan sebelumnya yang mengemban pekerjaan tersebut. Dengan melakukan hal ini, HRD akan mengabaikan potensi kreativitas dan inovasi yang dimiliki kandidat baru sehingga kemungkinan HRD akan kehilangan calon karyawan yang tepat.

Baca juga: Apa Pentingnya FGD Dalam Proses Rekrutmen?

Proses Rekrutmen Terlalu Rumit

Kendala pertama yang sering dialami adalah proses rekrutmen yang rumit. Proses rekrutmen yang rumit disini maksudnya adalah prosesnya terlalu kompleks. Sebenarnya dibolehkan untuk menyaring calon karyawan dengan ketat dan proses yang kompleks apalagi saat perusahaan ingin mencari yang terbaik yang sesuai dengan persyaratan. Tapi kalau prosesnya terlalu rumit dan kompleks tim HRD akan membutuhkan tenaga ekstra dan waktu yang tidak sedikit.

Kandidat Terlalu Banyak

Jika peminat lowongan pekerjaan yang dibuat oleh suatu perusahaan sangat tinggi jumlahnya ini bisa menjadi suatu kendala juga. Bayangkan saja tim HRD harus melakukan tahapan-tahapan perekrutan yang panjang terhadap lamaran yang sangat banyak. Dalam perekrutan karyawan, perusahaan harus punya strategi yang bagus agar prosesnya bisa dilakukan secara efektif dan efisien.

Sekian artikel tentang kendala dalam proses rekrutmen. Bila menyukai artikel ini bisa Anda bagikan. Jika ada kritik dan saran bisa tulis pada kolom komentar. Terima kasih.

Baca juga: Simak ! Tahapan Seleksi Karyawan Baru, Selengkapnya


Editor: Theo Adi -

     

Komentar