Berikut Perbedaan Tugas Jurnalis dan Content Writter
Siker.id | 19 Jan 2022 19:15


Bagikan ke
Perbedaan tugas jurnalis dan content writter. (siker)

siker.id - Dalam dunia SEO, dan publikasi online, content writer kerap dianggap sebagai “jurnalisme”. Namun content writer dan jurnalis adalah hal yang berbeda. Artikel jurnalistik harus memiliki tingkat objektivitas. Reporter menghilangkan pendapat mereka sendiri dari subjek mereka dan hanya melaporkan kejadian tersebut sebagaimana adanya. Artikel jurnalistik bisa jadi argumentatif. Mereka harus dapat menyajikan satu sisi cerita, atau membuat kasus untuk sudut pandang tertentu. Proses pemeriksaan sumber seringkali lebih terlibat dalam jurnalisme daripada dalam penulisan konten. Buat mengetahui detail perbedaannya silahkan simak ulasan berikut ini!

Baca juga: Berikut Ini 5 Keuntungan Bekerja Sebagai Jurnalis

Profesi Jurnalis

Jurnalis atau dikenal juga dengan wartawan adalah sebutan untuk seseorang yang melakukan kegiatan jurnalistik seperti menulis, menganalisis, dan melaporkan suatu peristiwa kepada publik lewat media massa secara teratur. Kegiatan jurnalistik dilakukan di berbagai media massa seperti koran, majalah, radio, televisi, juga media online. Jurnalis sering dianggap sebagai wakil dari suara masyarakat mengenai berbagai kejadian yang ada dan terjadi di masyarakat. Dalam produksi suatu pemberitaan, dilibatkan juga editor yang melakukan pemeriksaan isi konten untuk menjaga kualitas laporan.

Peran dan Tanggung Jawab Jurnalis

Setelah mengetahui definisi jurnalis, berikut adalah tugas dan tanggung jawab seorang jurnalis:

• Menulis, menganalisis, dan melaporkan suatu peristiwa kepada khalayak melalui media massa secara teratur.

• Memeriksa keautentikan suatu informasi yang akan disampaikan.

• Melakukan wawancara kepada narasumber demi memperoleh informasi akurat untuk disampaikan ke publik.

• Menjaga komunikasi dengan warga dan narasumber untuk memastikan pemberian informasi berkelanjutan untuk kedua kalinya.

Baca juga: Berikut 5 Tips Menjadi Seorang Jurnalis Handal

Content Writter

Pekerjaan ini adalah penulis profesional yang membuat berbagai konten-konten menarik dan berkualitas dan mempublishnya di internet. Konten yang dibuat bisa dalam bentuk apa saja, seperti artikel, blog, konten di media sosial, atau apapun yang ditulis dan diterbitkan secara online. Mungkin beberapa di antara kamu masih menganggap pekerjaan di bidang ini amat mudah, namun nyatanya tugas dan tanggung jawab yang diemban memiliki tingkat kesulitan yang berbeda-beda tergantung jenis konten yang mau dihasilkan.

Tugas dan tanggung jawab content writer

Secara garis besar tugas mereka sebagai berikut.

• Mengelola artikel yang tersedia di situs resmi.

• Mengelola konten media sosial.

• Berkoordinasi dengan tim di divisi lain.

• Melakukan riset traffic.

• Memahami SEO (Search Engine Optimization).

• Memiliki kemampuan editorial.

Sekian artikel tentang perbedaan jurnalis dengan content writter. Bila menyukai artikel ini bisa Anda bagikan. Jika ada kritik dan saran bisa tulis pada kolom komentar. Terima kasih.

Baca juga: Jenjang Karir Jurusan Sastra Inggris yang Menjanjikan


Reporter: Azzachra Rara
Editor: -

0     0    

Komentar