5 Tips Menjaga Kebersihan Lingkungan Kerja
Siker.id | 19 Jan 2022 17:30


Bagikan ke
Menjaga kebersihan lingkungan kerja. (siker)

siker.id - Lingkungan kerja yang sehat menjadi checklist yang wajib diperhatikan oleh setiap kantor. Idealnya, setiap karyawan di kantor pasti mengharapkan kesehatan lingkungan kerja tetap terjaga sehingga suasana bekerja menjadi nyaman. Kantor yang bebas sampah, debu, dan kotoran pasti lebih sedap dipandang. Karyawan juga lebih betah untuk bekerja di ruang kerja yang terjaga kebersihan dan kesehatannya. Menjaga kesehatan lingkungan kerja tidak sulit. Kita bisa memulainya dari cara yang sederhana. Berikut tipsnya!

Baca juga: Tips Menjaga Kebersihan Lingkungan Kerja, Baca Ini

Meningkatkan Kebersihan Tangan

Dengan tingginya frekuensi kontak antara tangan Anda dengan beberapa elemen-elemen yang berada di dalam kantor, seperti meja, kursi, telepon serta keyboard dan mouse komputer maka sangat penting bagi Anda untuk meningkatkan kebersihan lingkungan dan kebersihan diri, khususnya untuk kebersihan tangan. Meningkatkan kebersihan tangan di lingkungan kantor dengan menggunakan sanitizer tangan dan menanamkan budaya kebiasaan mencuci tangan yang tepat akan dapat membantu risiko kontaminasi silang di antara karyawan.

Waspada Terhadap Kuman yang Bersembunyi

Penyebaran kuman dan bakteri dapat disebabkan oleh beberapa kontak, dan salah satunya berasal dari kontak karyawan yang tidak sehat. Pastikan Anda untuk membuang limbah tisu yang Anda pakai ketika bersin ke dalam tempat sampah dan mencuci tangan setelahnya. Selain membantu meningkatkan standar kebersihan di lingkungan kerja Anda juga mampu mencegah penularan penyakit ke karyawan yang sehat. Apabila Anda menggunakan sapu tangan, pastikan untuk tidak membiarkan sapu tangan Anda berkeliaran di atas meja kerja.

Menanamkan Kebersihan Diri di Lingkungan Toilet Kantor

Kebiasaan untuk tidak menanamkan praktik kebersihan diri di lingkungan toilet kantor juga merupakan risiko lain dalam penyebaran kontaminasi silang. Tidak menutup dudukan toilet ketika proses pembilasan dapat memicu timbulnya efek bersin yang dihasilkan oleh kloset. Selain itu, tidak membuang limbah pembalut ke tempat sampah pembalut yang disediakan dan lebih memilih untuk membuangnya ke dalam kloset atau tidak membersihkan dudukan toilet dengan pembersih dudukan toilet yang disediakan ketika meninggalkan toilet, merupakan beberapa kebiasaan jorok di toilet kantor yang perlu Anda hindari.

Baca juga: Berikut Ini Cara Adaptasi Dalam Lingkungan Kerja Kompetitif

Menyediakan Konsumsi Sehat

Bila perusahaan menyediakan katering makan siang dan snack di kantor, pastikan bahwa mereka menyediakan makanan yang sehat dan bergizi. Perusahaan bisa menyediakan buah-buahan sebagai alternatif kudapan untuk karyawan. Untuk makan siang, mereka bisa memilih dan memercayakan katering yang sehat serta bisa memenuhi standar gizi karyawan. Perusahaan juga bisa menyediakan minuman sehat, seperti air putih atau jus. Makanan yang tidak sehat, seperti makanan manis, apabila dimakan secara terus-menerus akan mempengaruhi kesehatan karyawan.

Mengadakan Program Aktivitas Fisik

Sebelum jam kerja dimulai, perusahaan bisa menyediakan program aktivitas fisik, seperti senam mini selama 15 menit. Perusahaan juga bisa menyediakan program olahraga di luar jam kerja, seperti bulu tangkis, futsal, basket, dan lain-lain untuk menunjang kesehatan para karyawannya. Apabila sulit menjalankan program olahraga, perusahaan bisa menganjurkan para pekerjanya untuk lebih aktif secara fisik lewat imbauan. Caranya, mengimbau untuk menggunakan tangga daripada lift, jalan-jalan singkat di jam makan siang, dan lain-lain.

Sekian artikel tentang tips menjaga kebersihan di tempat kerja. Bila menyukai artikel ini bisa Anda bagikan. Jika ada kritik dan saran bisa tulis pada kolom komentar. Terima kasih.

Baca juga: Bagaimana Cara Menghindari Ageisme di Lingkungan Kerja?


Reporter: Azzachra Rara
Editor: -

0     0    

Komentar