Bagaimana Meningkatkan Bahasa Inggris dengan Baik?
Siker.id | 19 Jan 2022 13:00


Bagikan ke
Cara meningkatkan bahasa inggris dengan baik. (siker)

siker.id - Kosa kata adalah elemen bahasa yang paling mendasar yang bisa memungkinkan kamu untuk berbicara, membaca, hingga menulis. Semakin banyak kosakata bahasa Inggris yang anda kuasai, semakin mudah untuk anda sampai ke titik sukses yang kita bicarakan sebelumnya. Artikel ini akan membahas tentang tips-tips memperkaya kosa kata bahasa Inggris. Berikut ini ada beberapa tips di bawah ini yang sangat menyenangkan untuk kalian lebih dekat lagi belajar bahasa Inggris.

Baca juga: Kebutuhan Anak Pada Pengajaran Bahasa Inggris

Habit of Reading on Yourself

Tidak ada yang susah untuk belajar bahasa Inggris. Maka dari itu cara memperkaya kosakata bahasa Inggris yang satu ini wajib banget untuk diterapkan oleh setiap pembaca. Tetapi, melakukannya akan membutuhkan usaha yang lebih. Pertama, kamu harus mulai membeli buku berbahasa Inggris. Disamping ini, saya mendorong anda untuk keluar dari kenyamanan membaca buku berbahasa Indonesia. Bukan berarti mengesampingkan membaca buku berbahasa Indonesia ya. Ketika kita ingin memulai ingin belajar bahasa Inggris maka fokuskanlah diri anda untuk belajar bahasa Inggris. Kedua, cobalah untuk menggaris bawahi kosakata bahasa Inggris baru yang tidak kamu pahami artinya. Setelah itu, kamu harus mencari tahu dan mempelajari arti dari kosa kata baru yang tidak kamu pahami itu. Dengan begitu, anda bisa menambah pengetahuan anda tentang banyak sekali kosa kata dalam bahasa Inggris, mulai dari yang sederhana hingga yang kompleks. Selain itu, kamu juga bisa mencoba menggunakan kosakata yang baru kamu temui untuk membuat kalimat. It’s sound fun, right? Selanjutnya, untuk membuat penerapan tips yang satu ini menjadi menyenangkan, saya mendorong anda untuk membaca hal-hal yang berkaitan dengan hobi anda. Tetapi, pastikan bacaan tersebut tertulis dalam bahasa Inggris, ya.

Watching Movie and Listen of Music in English Language

Untuk memperkaya kosakata bahasa Inggris dengan tips yang satu ini, anda harus menyimak percakapan yang ada di dalam film pilihan kamu. Tak hanya menyimak, tugas anda adalah mencatat setiap kosakata dalam kalimat percakapan yang tidak anda pahami artinya. Setelah itu, barulah anda mencari tahu arti dari kosa kata yang tidak kamu pahami itu. One more thing, untuk memudahkan proses belajar kosa kata bahasa Inggris melalui film, anda bisa memasang subtitle dan memutar kembali adegan yang sempat terlewat.

“What if I’m not a big fan of watching movies?” Namun, kali ini, tugas anda adalah menyerap informasi yang diterima oleh telinga anda. Saat mendengarkan lagu berbahasa Inggris, anda mungkin akan menemukan satu atau lebih kosakata dalam lirik lagu yang tidak anda pahami artinya. Tentunya, hal ini bisa menghambat anda untuk memahami makna dari lagu yang kamu dengarkan secara keseluruhan. Nah, gunakanlah rasa ingin tahu anda untuk mengeksplorasi arti kosa kata dalam lirik lagu yang tidak kamu pahami artinya itu.

Baca juga: Berikut Ini Kiat Khusus Dalam Memilih Jurusan Bahasa Inggris

LEARN VOCABULARY ON EVERYDAY

Hal yang satu ini krusial untuk dimiliki oleh anda yang ingin memperkaya kosakata bahasa Inggris. Sebelumnya, saya memberikan anda untuk mencatat kosa kata bahasa Inggris baru yang tidak kamu pahami artinya. Sekarang, untuk mengetahui arti dari kosa kata baru tersebut, anda akan membutuhkan Kamus Bahasa Inggris-Indonesia yang bisa anda akses kapanpun dan dimanapun. Artinya, anda membutuhkan minimal satu Kamus Bahasa Inggris-Indonesia online. Dengan kamus online itu, anda bisa menemukan arti dari kosakata baru yang anda temui pada billboard di jalan raya. Percayalah, masih banyak kemudahan lain yang bisa kamu rasakan dari memiliki kamus online. Nah, di bawah ini adalah aplikasi Kamus Bahasa Inggris-Indonesia yang bisa kamu unduh dalam telepon genggam kamu. Tidak hanya itu saja, anda juga harus menerapkan kebiasaan belajar satu kosakata bahasa Inggris baru setiap hari supaya kamu tidak dengan mudah melupakan apa yang sudah kamu pelajari, kamu bisa mencatat arti dari kosakata baru yang kamu temui per hari. Berikut ini cara cara terbaik untuk memperkaya kosakata bahasa Inggris adalah dengan terlibat dalam percakapan bahasa Inggris sesering mungkin. Pertama, anda bisa mulai membiasakan diri untuk berbicara dalam bahasa Inggris dengan orang-orang terdekat kamu. Melakukannya akan mendorong kamu untuk keluar dengan beberapa kosakata baru, menyesuaikan dengan konteks percakapan. Selain itu, anda juga bisa mencari kesempatan untuk melakukan dialog dalam bahasa Inggris dengan penutur asli atau yang biasa disebut sebagai native speaker. Berdialog dalam bahasa Inggris dengan native speaker memungkinkan kamu untuk menemukan kosa kata yang belum pernah kamu dengar sebelumnya. That way, you’ll have the room to learn new things and enrich your English vocabulary.

Demikain artikel tentang bagaimana meningkatan bahasa Inggris dengan baik. Apakah sudah cukupkah kemampuanmu saat ini untuk berbahasa Inggris? Kalau anda memiliki bakat, tidak ada salahnya untuk mengembangkan minatmu di dalam berbahasa Inggris. Apabila anda menyukai artikel ini, maka anda bisa bagikan kepada orang tua, anak, dan rekan kerja anda. Jika anda memiliki saran, kritik, dan komentar bisa menuliskan di kolom komentar. Terimakasih

Baca juga: Apa saja yang dipelajari pada Jurusan Bahasa Inggris?


Editor: Theo Adi -

0     0    

Komentar