5 Skill yang Diperlukan Dalam Industri Kreatif
Siker.id | 19 Jan 2022 12:35


Bagikan ke
Skill yang diperlukan dalam industri kreatif. (siker)

siker.id - Industri kreatif saat ini terus menjadi sorotan karena mampu menyumbang cukup signifikan terhadap perekonomian di Indonesia. Tak heran, banyak generasi muda saat ini sangat ingin bekerja atau masuk ke dalam industri yang disebut-sebut sebagai masa depan perekonomian Indonesia ini. Industri kreatif juga tentu banyak menyerap tenaga kerja karena industrinya terus maju dan bermunculan. Nah, bagi kamu yang ingin masuk dan bekerja di industri kreatif setidaknya ada lima skill yang harus kamu kuasai. Berikut ulasannya!

Baca juga: Berikut 5 Skill yang Diperlukan Dalam Dunia Kerja

Bercerita lewat tulisan dan visual

Ada banyak profesi di industri kreatif yang memerlukan skill menulis dan membuat desain. Mulai dari script writer, illustrator, hingga pembuat film tentu sangat memerlukan skill yang satu ini. Mampu bercerita lewat tulisan dan visual bukanlah hal yang mudah. Pasalnya, kamu tidak hanya menulis atau membuat ilustrasi seadanya. Misalnya saja profesi copywriter yang harus bisa menceritakan pesan dari brand ke para target audiens. Tanpa memiliki skill yang satu ini tentunya seorang copywriter akan kesulitan untuk kerja di industri kreatif. Apalagi jika kamu tertarik mencoba dunia perfilman. Jika tidak mampu bercerita lewat tulisan dan visual tentu tidak akan sulit untuk menghasilkan karya yang menarik.

Kreativitas

kreativitas bukanlah kemampuan untuk menggambar visual yang terbaik. Namun, penggunaan imajinasi atau ide yang original untuk menciptakan sesuatu. Bila bingung dengan apa saja skill untuk kerja di industri kreatif, maka tentu saja skill kreativitas menjadi hal yang paling dibutuhkan. Kreatif di sini bermaksud selalu memiliki ide-ide yang menarik dan juga mampu untuk mengeksekusinya. Meskipun mengalami kegagalan, tapi orang yang kreatif tidak akan menyerah dan akan mencoba melahirkan ide yang lain. Hasrat untuk terus mengeluarkan ide tersebut menjadi salah satu skill yang bisa diasah agar lebih berkembang. Jadi, tidak ada kata terlambat buatmu untuk mengembangkan kemampuan berpikir kreatif.

Kemampuan beradaptasi

Industri kreatif diprediksi akan terus berubah dan berkembang mengikuti perkembangan teknologi yang juga terus berubah. Maka tentu kemampuan adaptasi sangatlah penting dimiliki jika kamu ingin mencoba terjun ke industri yang satu ini. Perubahan lingkungan yang cepat akan membuatmu kesulitan jika tidak memiliki kemampuan beradaptasi. Meski begitu, prospek kerja dari industri ini juga dikatakan akan semakin banyak tiap tahunnya.

Baca juga: Berikut Tugas dan Skill yang Harus Dimiliki Web Programmer

Skill Komunikasi

Skill Komunikasi memang sangat dibutuhkan untuk bisa bekerja di industri kreatif. Masih dilansir Glints, Tanpa kemampuan berkomunikasi yang mumpuni, siapapun pasti kesulitan untuk bergabung di industri yang satu ini. Seperti yang disebutkan oleh Flux Magazine, kamu tidak perlu takut untuk mencoba bercanda dengan teman kerja. Selain itu, tanpa skill komunikasi yang baik tentu akan membuatmu kesulitan untuk beradaptasi. Padahal, seperti yang sudah disinggung di atas bahwa kemampuan beradaptasi juga sangatlah penting. Jadi, dengan kamu mampu berkomunikasi dengan baik, tentu proses adaptasi pun akan menjadi lebih mudah.

Manajemen waktu

Industri kreatif yang serba cepat juga membutuhkan talenta-talenta yang mampu mengatur waktunya dengan baik. Bekerja di industri yang satu ini akan sering dihadapkan dengan banyak deadline. Tanpa skill manajemen waktu, kamu pasti akan tertekan untuk menyelesaikan seluruh pekerjaan tepat waktu. Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengelola waktu, misalnya menggunakan aplikasi untuk memprioritaskan tugas atau membuat daftar dengan manual. Cobalah cari metode yang paling cocok denganmu.

Sekian artikel tentang skill yang dibutuhkan dalam dunia industry kreatif. Bila menyukai artikel ini bisa Anda bagikan. Jika ada kritik dan saran bisa tulis pada kolom komentar. Terima kasih.

Baca juga: Berikut 5 Skill yang Wajib Dimiliki Seorang Penulis


Editor: Theo Adi -

0     0    

Komentar