Berikut 5 Skill yang Diperlukan Dalam Dunia Kerja
Siker.id | 18 Jan 2022 21:00


Bagikan ke
5 Skill yang diperlukan dalam dunia kerja. (siker)

siker.id - Memiliki ijazah dan mendapatkan gelar sarjana adalah impian semua orang. Karena setelah lulus mereka bisa mendapatkan pekerjaan dengan mudah di perusahaan impian. Sayangnya anggapan itu sudah tidak sepenuhnya benar untuk dunia kerja saat ini. Saat ini perusahaan tidak hanya melihat seseorang dari ijazah dan kampus mana mereka akhirnya lulus. Perusahaan juga melihat seseorang dari kemampuan atau skill yang dimiliki saat itu. Kalau kemampuan yang dimiliki rendah, buat apa melakukan perekrutan tenaga kerja. Berikut ini sklii yang palin dibutuhkan dalam dunia kerja!

Baca juga: Berikut Tugas dan Skill yang Harus Dimiliki Web Programmer

Komunikasi

Komunikasi merupakan kemampuan utama yang harus dimiliki oleh setiap orang. Komunikasi di sini maksudnya adalah dapat menyampaikan dengan jelas pesan yang ingin disampaikan baik melalui lisan dan tulisan. Berkomunikasi berarti juga pandai mendengarkan dan memahami perkataan seseorang dengan baik. Selain itu juga terdapat komunikasi non verbal yaitu menggunakan gerakan tubuh.

Membuat dan Mengatur Rencana

Skill pekerjaan yang harus dimiliki selanjutnya adalah membuat rencana dan mengatur. Kemampuan ini berarti merencanakan apa yang harus dikerjakan dan bagaimana kalian mengaturnya. Kemampuan membuat rencana dan mengatur juga melibatkan mengembangkan waktu sebuah projek dan membuat batas waktu dalam pekerjaan.

Manajemen Pribadi

Manajemen pribadi berarti mampu mengerjakan sesuatu sendiri tanpa dicek oleh orang lain setiap saat. Kedua adalah memiliki deadline sendiri dan dapat menyelesaikannya dengan baik. Ketiga adalah mampu memberikan tugas kepada orang lain untuk memastikan tugas tersebut dapat diselesaikan tepat waktu.

Baca juga: Berikut 5 Skill yang Wajib Dimiliki Seorang Penulis

Bekerja Sama dengan Kelompok

Ada dua tipe orang kalau dilihat dari kemampuannya dalam melakukan kerja sama. Pertama orang yang sama sekali tidak bisa melakukan kerja sama dengan baik. Meski secara kemampuan dia hebat, kerja sama tidak bisa dilakukan karena dia merasa tidak nyaman atau sulit bertukar pikiran. Tipe kedua adalah mereka yang mudah bekerja sama dengan orang lain. Bertukar pandangan dan pikiran adalah kemampuan mereka sehingga menghasilkan sesuatu yang baik dan bisa diterima semua orang. Perusahaan suka sekali dengan orang yang berada pada kelompok kedua.

Belajar dengan Cepat

Perusahaan dan apa yang ada di dalamnya tidak statis dan selalu sama setiap saat. Pada kondisi tertentu akan ada perubahan yang sifatnya dinamis dan akan berdampak pada semua orang. Nah, agar dampak ini tidak terlalu besar atau bisa dimanfaatkan dengan baik seseorang harus mau mempelajari hal-hal baru. Perusahaan suka sekali melirik pegawai yang suka mempelajari hal baru dengan cepat. Pegawai jenis ini adalah aset karena mereka akan terus memperbarui ilmunya kapan pun diminta oleh perusahaan.

Sekian artikel tentang skill yang diperlukan dalam dunia kerja. Bila menyukai artikel ini bisa Anda bagikan. Jika ada kritik dan saran bisa tulis pada kolom komentar. Terima kasih.

Baca juga: Berikut Skill Yang Harus Dimiliki Seorang HRD


Editor: Theo Adi -

0     0    

Komentar