Berikut 5 Cara Mengatasi Hidup Boros
Siker.id | 18 Jan 2022 16:35


Bagikan ke
Cara mengatasi hidup boros. (siker)

siker.id - Keinginan untuk menghabiskan uang yang ada, entah dengan jajan atau beli barang baru, memang bisa menggoda siapa aja. Bedanya, ada yang mudah tergoda dan ada yang bisa menahan diri. Karena yang bisa menahan diri udah tahu cara agar nggak tergoda, di artikel kali ini penulis akan berikan tips 5 cara jitu agar tidak lagi boros buat yang sering geregetan karena uangnya habis melulu pada akhir bulan. Atau bahkan belum akhir bulan, uang juga udah jadi tipis nih.

Baca juga: Berikut 5 Hal yang Membuat Gagal Menabung

Menyusun Anggaran Secara Rutin

Menyusun anggaran merupakan langkah awal untuk mengatasi sikap konsumtif. Jika sebelumnya anggaran keuangan kacau balau, mulailah untuk menyusun anggaran yang baru. Susun daftar tersebut dengan cermat. Pastikan Anda tahu daftar kebutuhan apa yang dibutuhkan selama satu bulan.Menyusun anggaran bukan berarti memangkas semua pengeluaran dengan tidak masuk akal untuk maksud berhemat. Pangkaslah anggaran yang jumlahnya berlebihan.

Membuat Skala Prioritas

Setiap orang memiliki prioritas dalam hidupnya. Prioritas ini pun berbeda-beda jenisnya, baik makanan, pakaian, sepatu, maupun memiliki gadget. Membuat skala prioritas berarti menyusun anggaran berdasarkan daftar kebutuhan yang paling penting terlebih dahulu. Untuk jenis kebutuhan yang bisa dinomorduakan, bisa dikesampingkan lebih dulu. Yang terpenting, penuhi kebutuhan pokok terlebih dahulu.

Bayar Tagihan di Awal

Berapapun penghasilan bulananmu dan seperti apapun perilaku berbelanjamu, usahakan membayar semua tagihan bulanan di awal, seperti biaya sewa tempat tinggal, listrik, air, internet, makanan, dan biaya penting lainnya. Makanan sering kali menjadi salah satu pembelian penting yang paling sulit untuk dilakukan dengan benar. Agar tidak boros, cobalah membeli stok makanan yang tidak mudah busuk di awal bulan, lalu sisihkan uang untuk membeli makanan seperti buah segar, sayuran dan produk susu di sisa hari pada bulan tersebut.

Baca juga: Berikut Tips Menabung bagi Karyawan Baru

Mencatat pengeluaran

Buatlah perencanaan pengeluaran dan cobalah sebisa mungkin mematuhi perencanaan tersebut. Jika pada satu waktu ada tendensi untuk menghabiskan uang yang tersisa setelah semua kebutuhan terpenuhi, cobalah membuat catatan tentang apa saja yang membuatmu boros. Jika uang tersebut "lari" untuk hal-hal yang tidak esensial, seperti pakaian, sepatu atau aksesoris, barang elektronik, dan sebagainya, maka buatlah batasan. Cobalah menetapkan berapa jumlah maksimal yang bisa kamu habiskan untuk pengeluaran non-esensial tersebut.

Selalu ingat tujuan yang lebih besar

Apa tujuan besar-mu dalam hidup? Apakah ada tujuan finansial yang ingin kamu raih dalam jangka waktu dekat maupun panjang? Penting untuk selalu ingat akan tujuan yang lebih besar karena tujuan ini bisa dijadikan motivasi saat kamu akan menghamburkan uang untuk kesenangan sesaat.

Sekian artikel tentang cara mengatasi hidup boros. Bila menyukai artikel ini bisa Anda bagikan. Jika ada kritik dan saran bisa tulis pada kolom komentar. Terima kasih.

Baca juga: Berikut Ini Kebiasaan Yang Membuat Hidup Boros


Editor: Theo Adi -

0     0    

Komentar