Berikut 5 Cara Menambah Penghasilan Selama Pandemi
Siker.id | 18 Jan 2022 13:45


Bagikan ke
Cara menambah penghasilan selama pandemi. (siker)

siker.id - Indonesia memang sudah keluar dari resesi ekonomi. Namun selagi masih ada pandemi Covid-19, ekonomi belum akan baik-baik saja. Anda mesti antisipasi. Jaga-jaga jika terjadi guncangan keuangan pribadi akibat ketidakpastian ekonomi. Caranya tidak melulu memangkas pengeluaran. Ketika pengeluaran sudah mentok atau tidak bisa dikurangi lagi, maka Anda harus putar otak. Caranya yaitu dengan meningkatkan penghasilan. Dalam hal ini, sebaiknya Anda tidak mengandalkan pemasukan dari satu sumber saja. Misalnya gaji bulanan dari bekerja kantoran. Anda harus punya sumber lain untuk menambah penghasilan. Tetapi harus memulai kerja cerdas, bukan lagi kerja keras. Berikut beberapa cara mendapatkan penghasilan tambahan selama pandemic yang perlu Anda tahu!

Baca juga: Berikut Tips Agar Bisnis Bertahan dari Pandemi

Cari pekerjaan sampingan

Kerja sampingan merupakan salah satu cara efektif untuk menambah jumlah pemasukan per bulan Anda. Akan tetapi sumber penghasilan yang didapat dari kerja sampingan termasuk ke dalam kategori penghasilan aktif atau yang akan memakan waktu, pikiran, dan juga tenaga. Terdapat beberapa risiko dari pekerjaan sampingan tersebut. Di mana risiko yang mungkin Anda dapatkan di antaranya akan menjadi lebih letih karena harus menguras lebih banyak tenaga, merasa lebih lelah secara mental, hingga masalah fisik dan mental lainnya.

Memulai bisnis kecil-kecilan

Cara mendapatkan penghasilan tambahan berikutnya adalah dengan mencoba membuat bisnis mu sendiri. Tahukah Anda bahwasannya banyak pekerja kantoran yang juga memiliki bisnis sampingan yang dikembangkan dan penghasilan yang diperoleh seringkali lebih besar dari pendapatan utama profesinya? Anda tentu saja juga bisa seperti itu. Tak perlu memulai bisnis besar dengan modal yang banyak, Anda bisa memulai dengan membuka bisnis sampingan kecil-kecilan seperti menjadi reseller atau dropshipper. Yang perlu diingat ketika akan memulai sebuah bisnis adalah tekad yang kuat serta ketelatenan untuk menjalaninya.

Berinvestasi di instrumen pendapatan tetap

Anda pasti pernah mendengar bahwasannya untuk mendapatkan penghasilan pasif, cara terbaiknya adalah dengan melakukan investasi. Anda bisa memulai melakukan investasi dengan berinvestasi pada jenis investasi reksadana dan deposito. Anda akan mendapatkan imbal hasil setiap bulannya dari sejumlah uang yang telah Anda investasikan. Yang perlu dicatat, besar kecilnya imbal hasil tersebut juga ditentukan oleh jumlah modal yang Anda investasikan. Serta jenis investasi pilihan mu juga berpengaruh.

Baca juga: Berikut Ini Tips Pindah Kerja Masa Pandemi

Manfaatkan internet dan ponsel

Zaman now, mencari penghasilan tambahan sangat mudah. Cukup berbekal ponsel dan internet, Anda bisa mendapatkan uang ratusan ribu, bahkan sampai ratusan juta rupiah. Malahan saking menjanjikannya, pekerjaan online ini dapat dijadikan mata pencaharian utama. Antara lain, buka toko online, jadi influencer, selebgram, content creator, vlogger, podcasters. Selain itu, menggunakan aplikasi penghasil uang yang terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan (OJK), mengisi survei online berbayar, hingga ikutan kuis dan giveaway.

Gali Sumber Penghasilan Baru

Memiliki sumber penghasilan lebih dari satu merupakan prinsip kebanyakan orang-orang sukses. Tujuannya untuk menambah penghasilan maupun kekayaan mereka. Di sisi lain, cara ini juga sangat bagus untuk jaring pengaman Anda apabila sewaktu-waktu kehilangan pekerjaan. Setidaknya keuanganmu tetap aman karena punya cadangan penghasilan.

Sekian artikel tentang tips menambah penghasilan selama pandemi. Bila menyukai artikel ini bisa Anda bagikan. Jika ada kritik dan saran bisa tulis pada kolom komentar. Terima kasih.

Baca juga: Simak ! Strategi Bisnis yang Jitu Saat Pandemi


Editor: Theo Adi -

0     0    

Komentar