5 Keuntungan Bekerja Secara Mandiri
Siker.id | 18 Jan 2022 11:30


Bagikan ke
Keuntungan bekerja secara mandiri. (siker)

siker.id - Setiap orang pasti memimpikan untuk bekerja secara mandiri tanpa bergantung pada perusahaan milik orang lain atau pekerja kantoran istilahnya. Untuk mengambil langkah menjadi pekerja mandiri, Anda membutuhkan pemikiran yang matang dan nggak terburu-buru. Tentu saja kalian harus tahu nih apa-apa saja yang menjadi kelebihan dari bekerja sendiri. Berikut ini beberapa keuntungan yang didapat saat Anda bekerja secara mandiri!

Baca juga: Berikut Tips Agar Kuat Bekerja Dibawah Tekanan

Waktu fleksibel

Salah satu keuntungan utama bekerja mandiri adalah anda bisa mengatur waktu lebih fleksibel sesuai keinginan. Anda mungkin bisa bekerja sepanjang waktu, atau melebihi ketika Anda menjadi karyawan tetap, namun secara umum Anda bisa memilih jam yang tepat. Misalnya, jika Anda sudah berkeluarga, Anda bisa mulai bekerja setelah anak kecil Anda sudah tertidur, mengatur jadwal pertemuan, atau bahkan bekerja pada malam hari atau kapan pun waktu yang Anda anggap lebih baik.

Jadi bos sendiri

Hal penting lainnya, jika Anda ingin bekerja mandiri adalah tak perlu memiliki kesepakatan apapun dengan seorang bos, seperti halnya saat Anda menjadi karyawan tetap. Anda bebas bekerja tanpa ada seseorang yang selalu mengawasi Anda. Menjadi bos bagi diri sendiri merupakan alasan kebanyakan orang ingin bekerja mandiri.

Pilih rekan kerja sendiri

Hal menyenangkan lainnya, saat Anda bekerja mandiri, yakni membangun reputasi dan menyusun daftar klien, di mana Anda dapat memilih dengan siapa saja anda cocok bekerja sama. Di awal-awal, Anda mungkin harus bekerja keras untuk mendapat banyak kontak dan jaringan, namun seiring waktu berjalan Anda bisa mengabaikan klien atau proyek yang Anda rasa tak cocok.

Baca juga: Berikut Ini Alasan Orang Memilih Bekerja Keras

Bisa bekerja sesuai passion

Bekerja tanpa passion itu tentu bakalan bikin kalian tertekan dan 'nggak enjoy' dalam menjalani pekerjaan. Akibat ketidaknyamanan itu, Anda bisa memiliki performa yang buruk, salah-salah dalam bekerja dan akhirnya diomelin oleh bos. Kalau Anda memilih bekerja sendiri, Anda bisa memilih bidang apa yang Anda sukai. Bidang dimana kalian ahli dan bidang tersebut merupakan passion yang Anda miliki.

Lingkungan kerja yang lebih sesuai

Jika bekerja di kantor, Anda tidak bisa memilih-milih lingkungan kerja yang Anda mau. Apabila ada rekan kerja atau atasan yang menyebalkan pun, Anda tidak bisa berbuat apa-apa karena takut dipecat. Jika Anda memilih bekerja sendiri, rekan kerja yang menyebalkan bukan berarti tidak ada tetapi hal tersebut bisa diminimalisir. Dalam bekerja sendiri, tentunya Anda akan menjadi bos untuk diri sobat sendiri.

Sekian artikel tentang keuntungan bekerja secara mandiri. Bila menyukai artikel ini bisa Anda bagikan. Jika ada kritik dan saran bisa tulis pada kolom komentar. Terima kasih.

Baca juga: Berikut Ini 5 Keuntungan Bekerja Sebagai Jurnalis


Editor: Theo Adi -

0     0    

Komentar