icon Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp
Jenjang Karir Jurusan Sastra Inggris yang Menjanjikan
Siker.id | 17 Jan 2022 16:45


Bagikan ke
Jenjang karir untuk sastra inggris yang paling menjanjikan. (siker)

siker.id - Banyak orang yang menganggap jurusan sastra Inggris hanya menjadi terjemah saja tidak bisa menjadi seorang pendidik. Apakah itu benar? Di dalam jurusan sastra Inggris mereka tidak hanya belajar sastra saja namun juga belajar tentang pendidikan, agar nantinya ketika lulus kuliah seorang mahasiswa dapat menentukan pilihan sesuai dengan passionnya. Maka peluang kerja yang menjanjikan untuk jurusan sastra Inggris setelah lulus adalah Diplomat, Dosen, Bankir, Guru, Jurnalist, Humas pada perusahaan minyak, dan Penerjemah.

Baca juga: Berikut Peluang Kerja Lulusan Sastra Mandarin

PENGALAMAN KERJA BERHUBUNGAN DENGAN JURUSAN SASTRA INGGRIS

Di universitas mahasiswa sastra inggris dihadapkan pada empat mainstream saat masuk semester lima yaitu Sastra, Linguistik, American Study, & Penerjemahan. Ketika mahasiswa mengambil Penerjemahan akan merasa mainstream ini lebih cocok dengan minat karena banyak memiliki praktek. Seorang Freelance Translator tidak hanya sekadar menerjemahkan dokumen saja. Maka akan diminta untuk proofreading jg bahkan transcribing dari bahasa Jawa ke Inggris. Transcribing ini bener - benar bikin nguras tenaga. Selanjutnya adalah pekerjaan Tour & Travel (CS) pada umumnya tp pake bahasa inggris karena turis banyak asalnya dari mancanegara. Lalu, ada pekerjaan Content Writer yang memiliki jobdesknya menulis 3000 kata utk artikel bahasa Inggris dalam sehari. Secara personal saya bisa menulis artikel hanya saja saya kadang jenuh melakukannya utk waktu yg lama dan terus-menerus, kemudian ada pekerjaan yaitu Liaison Officer (LO) yang bertugas untuk membantu dan dampingin bule yg ikut exchange program. Sebagai penjembatan komunikasi antara panitia program dan bulenya. Untuk yang terakhir anda bisa bekerja sebagai Personal Assistant utk bos bule yang memiliki pekerjaan kurang lebih seperti interpreter dan penerjemah dokumen aja karena bos butuh bantuan untuk komunikasi ke tim.

Baca juga: Berikut Peluang Kerja Lulusan Sastra Korea

REVOLUSI DAN INOVASI MELALUI STARTUP

Satu lagi industri yang bisa dijadikan pilihan karier lulusan jurusan Sastra Inggris, startup company. Kamu pasti sudah akrab dengan istilah fintech dan e-commerce, dua jenis startup ini sekarang cukup berkembang di Indonesia. Kaitannya dengan mahasiswa jurusan Sastra Inggris tentu sangat erat. Mayoritas startup akan merekrut karyawan yang sudah mahir dalam berbahasa Inggris pun Indonesia. Selain itu, mereka ingin punya karyawan dengan kemampuan menulis dan komunikasi verbal yang baik untuk bekerja sama. Posisi yang bisa dipilih anak jurusan Sastra Inggris juga bervariasi. Kamu bisa melamar untuk posisi staf HRD, Content Creator, Product Owner, ataupun posisi di level manajerial bagi kamu yang sudah punya pengalaman cukup.

Demikain artikel tentang jenjang karis jurusan sastra Inggris yang menjanjikan. Apabila anda menyukai artikel ini, maka anda bisa bagikan kepada orang tua, anak, dan rekan kerja anda. Jika anda memiliki saran, kritik, dan komentar bisa menuliskan di kolom komentar. Terimakasih

Baca juga: Apa Saja Prospek Kerja Lulusan Sastra Belanda?


Editor: Theo Adi -

     

Komentar