Kebutuhan Anak Pada Pengajaran Bahasa Inggris
Siker.id | 17 Jan 2022 15:45


Bagikan ke
Beberapa kebutuhan anak pada pengajaran bahasa inggris. (siker)

siker.id - Di Indonesia bahasa Inggris diajarkan secara formal maupun informal. Untuk pengembangan pengajaran bahasa Inggris di tingkat pendidikan tinggi, model pembelajaran bahasa Inggris tidak hanya dilakukan dengan model pembelajaran bahasa Inggris secara umum (General English) tetapi juga menggunakan model pembelajaran bahasa Inggris secara khusus (English For Specific Purposes). Model pembelajaran bahasa Inggris ini harus dilakukan sesuai dengan kebutuhan sipembelajar di bidangnya masing-masing. Pada dasarnya pelaksanaan kegiatan (aktivitas) pembelajaran bahasa Inggris yang terakomodir dengan baik akan memotivasi anak untuk lebih giat belajar. Berikut ini akan di bahas untuk prinsip – prinsip pengajaran bahasa Inggris, dan metode pengajaran bahasa Inggris.

Baca juga: Berikut Tips Membuat Surat Lamaran Dalam Bahasa Inggris

PRINSIP - PRINSIP PENGAJARAN BAHASA INGGRIS

Cara anak dalam belajar bahasa Inggris dan juga cara mengajarkannya sangatlah tergantung pada tingkat perkembangan anak. Anak akan memberi tanggapan pada bahasa berdasarkan apa yang dilakukan atau apa yang bisa mereka lakukan dengannya. Anak mempunyai kelebihan bahwa mereka suka menirukan dan mereka sering tidak menyadari dirinya sendiri dan biasanya mereka siap untuk menikmati kegiatan-kegiatan yang telah disiapkan oleh guru untuk mereka. Batasan tersebut merupakan ruang lingkup pengajaran bahasa Inggris untuk anak secara umum. Diberikan semua atau tidak atau bahkan ditambah dengan materi yang lain tergantung dari kemampuan anaknya dan gurunya yang lebih tahu. Lingkungan dimana mereka tinggal (di desa / kota) sangat berpengaruh terhadap tingkat penguasaan bahasa Inggris pada anak usia dini. Di bawah ini ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam memberikan kegiatan untuk pengajaran Bahasa Inggris pada anak seperti kegiatan yang sederhana bagi anak untuk dipahami. Tugas yang diberikan sebaiknya sesuai dengan kemampuan mereka. Kegiatan sebaiknya sebagian besar berbasis pada bahasa lisan (oral), tentu saja untuk anak usia dini kegiatan mendengar (listening) juga diberi porsi yang cukup besar. Kegiatan menulis (writing) sebaiknya dihindarkan untuk anak usia dini

Baca juga: Berikut Ini Kiat Khusus Dalam Memilih Jurusan Bahasa Inggris

METODE PENGAJARAN BAHASA INGGRIS

Untuk memberikan layanan pendidikan yang baik pada anak kita harus memahami karakteristik mereka dan mengetahui kebutuhan - kebutuhan sesuai dengan tingkat perkembangan anak. Dengan demikian kita bisa memberikan kegiatan-kegiatan yang sesuai dengan kebutuhan mereka dan dengan cara yang tepat pula. Sesuai dengan dunia anak, mereka belajar melalui bermain (learning through play) dan bermain merupakan proses belajar bagi mereka (playing is learning), maka kita memberikan aktivitas kepada mereka harus dengan cara yang sesuai dengan dunia mereka yaitu bermain. Ada beberapa metode atau cara dalam memberikan kegiatan-kegiatan pada pengajaran Bahasa Inggris, antara lain Games and Songs with action. Permainan-permainan dan lagu-lagu yang diikuti gerakan badan (Total phisycal response activities). Kegiatan-kegiatan yang diikuti dengan gerakan fisik secara utuh (Tasks that involve colouring, cutting and sticking). Tugas-tugas yang melibatkan mewarna, menggunting dan menempel.

Demikain artikel tentang kebutuhan anak untuk pengajaran Bahasa Inggris. Apabila anda menyukai artikel ini, maka anda bisa bagikan kepada orang tua dan pendidik. Jika anda memiliki saran, kritik, dan komentar bisa menuliskan di kolom komentar. Terimakasih

Baca juga: Apa saja yang dipelajari pada Jurusan Bahasa Inggris?


Editor: Theo Adi -

0     0    

Komentar