icon Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp
Berikut 5 Tantangan Fresh Graduate Menentukan Karir
Siker.id | 17 Jan 2022 13:30


Bagikan ke
Tantangan fresh graduate menentukan karir. (siker)

siker.id - Kita semua tahu betapa ketatnya persaingan dalam dunia kerja terutama dalam menentukan karir yang tepat. Oleh karena itu tidak heran kalau membangun karier bagi fresh graduate terbilang sulit bahkan hamper mustahil. Harus kuat mental, pikiran, hingga prinsip untuk tetap bekerja dengan benar dan menunjukkan kinerjamu. Lalu apa saja yang menjadi tantangan terbesar bagi seorang fresh graduate dalam memilih karir yang tepat untuk masa depannya? Berikut ini ulasannya!

Baca juga: Berikut Tips Mengatasi Dilema Dalam Menentukan Karir

1. Persaingan ketat disertai dengan kecurangan

Tantangan pertama ialah ketatnya persaingan yang kadang-kadang tidak sehat. Dengan kata lain tidak semua orang bersaing secara sehat di dalam dunia kerja, beberapa atau sebagian orang memenuhinya dengan kecurangan. Sedikit banyaknya hal itu akan menurunkan ekspektasi terhadap dunia kerja, yang mana tadinya mungkin berpikir bahwa persaingan dilakukan secara adil dan sehat. Intinya, setelah tahu hal itu maka Anda jadi harus lebih berhati-hati dan menjaga diri sendiri supaya tidak terlibat dalam persaingan sengit yang kotor.

2. Deadline dan target kerja yang berkejaran

Tantangan selanjutnya bagi fresh graduate ialah tentang target kerja dan juga deadline yang mungkin berkejaran. Bukannya satu per satu, deadline dalam pekerjaan bisa serempak dengan yang lain dan membuatmu pusing sendiri. Selagi dirimu disiplin dan punya kinerja yang bagus, tantangan seperti ini tidaklah sulit. Ditambah dengan penilaian di mata atasan yang bakal berubah jika Anda tidak bisa memenuhi standar yang ada.

3. Tuntutan menunjukkan kelayakan menjadi pegawai tetap

Tantangannya yang terakhir ialah tuntutan untuk menunjukkan kelayakan diri untuk bekerja di sana. Supaya Anda tidak berakhir hanya sebagai pegawai magang dan sementara saja. Bisa dibilang bahwa semua orang pasti mengalami tantangan yang satu ini. Memaksakan diri untuk bekerja dengan sangat baik demi menunjukkan kinerja dan kelayakanmu dalam bekerja. Kalau tidak begitu nanti posisimu bisa mudah tergantikan dengan yang lain.

Baca juga: Berikut Tips Mengubah Hobi Menjadi Karir

4. Tiba-tiba ditunjuk untuk memimpin rapat

Salah satu tantangan yang lainnya ialah saat dirinya tiba-tiba ditunjuk memimpin rapat. Yang mana hal itu mungkin akan membuatmu panik dan kaget karena tanpa adanya persiapan. Tapi percayalah bahwa sebagian tempat kerja sengaja melakukan itu untuk mengetes kemampuanmu jika terlibat dalam rapat. Mulai dari caramu menghadapi audience, penguasaan bahan bahasan, hingga kecepatanmu untuk menyesuaikan diri dengan perintah yang tiba-tiba diberikan.

5. Tekanan dari atasan yang ingin hasil kerja sempurna

Bagi Anda yang tadinya berpikir bahwa dunia kerja itu menyenangkan dan pasti disayang atasan, maka kenyataan di dunia kerja akan membuatmu sadar bahwa bayangan seperti itu sangat salah. Karena tantangan terakhir ialah Anda mungkin akan berhadapan dengan tipe atasan yang kurang baik. Mulai dari tekanan yang tidak ada habisnya sampai tuntutan untuk bekerja secara maksimal dan sempurna.

Sekian artikel tentang tantangan fresh graduate menentukan karir. Bila menyukai artikel ini bisa Anda bagikan. Jika ada kritik dan saran bisa tulis pada kolom komentar. Terima kasih.

Baca juga: Berikut Ini Tips Meniti Karir Bagi Kaum Milenial


Editor: Theo Adi -

     

Komentar