icon Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp
Berikut 5 Tips Memaksimalkan Waktu Bekerja
Siker.id | 16 Jan 2022 20:30


Bagikan ke
Memaksimalkan waktu bekerja. (siker)

siker.id - Menjadi karyawan, berangkat kerja di awal pagi dan kembali pulang ketika malam menjelang adalah pemandangan mainstream yang seringkali kita lihat, bahkan kita alami sendiri. Sebagian dari kita ada juga yang bekerja hanya sebagai rutinitas dan kewajiban terhadap perusahaan. Sehingga segala pekerjaan yang telah dikerjakan serasa biasa-biasa saja dengan hasil yang begitu-begitu saja, tidak memberikan kontribusi positif terhadap diri sendiri, yang diperoleh hanya rasa lelah. Memang tidak semua pekerjaan yang kita miliki adalah benar-benar pilihan kita, benar-benar sesuai dengan passion kita. Tapi manusia selalu punya pilihan, pilihan untuk berada di zona statis, menunggu dan melihat yang lainnya berlari meninggalkan atau memilih berada di zona dinamis, ikut berlari mengikuti perkembangan dan tuntutan era. Berikut cara memaksimalkan waktu kerja yang kita miliki.

Baca juga: Berikut Tips Melatih Mental Sebelum Masuk Dunia Kerja

1. Prioritaskan

Menyusun prioritas pun merupakan sebuah tugas tersendiri. Buatlah daftar tugas yang harus dikerjakan sedetail dan menurut prioritas terpenting. Jika Anda suka dengan gambaran yang jelas dan terstruktur, Anda mungkin bisa membuat kalender per minggu atau per bulan. Jika Anda suka daftar, buatlah daftar prioritas harian. Memiliki prioritas bisa membantu Anda mencapai gol, sekaligus membantu Anda berfokus serta membuat Anda menjadi bintang.

2. Pulang pada waktu spesifik

Jika kantor Anda menetapkan jam pulang kantor adalah pukul 17.00, Anda seharusnya bisa bekerja lebih efisien. Adanya tenggat waktu bisa memacu kita bekerja lebih efektir. Jika Anda berkata kepada diri sendiri, "Saya baru pulang setelah pekerjaan kelar", maka Anda akan menemui 2 masalah. Pertama, dengan banyaknya pekerjaan, bagaimana Anda tahu kapan harus kelar? Kedua, tanpa waktu spesifik, Anda akan menunda-nunda. Menetapkan tenggat waktu akan membantu Anda menyelesaikan pekerjaan dan menentukan pekerjaan mana yang lebih penting.

3. Merencanakan waktu telepon

Siapkan waktu khusus untuk menjawab dan menelepon. Menerima telepon di tengah-tengan pekerjaan bisa mengalihkan perhatian Anda. Lebih baik Anda memikirkan kapan waktu terbaik untuk menghubungi klien atau orang lain. Jangan lupa untuk memperhitungkan zona waktu dan kebiasaan orang yang ditelepon. Memang Anda tak bisa terlalu kaku dalam hal ini. Ada beberapa telepon penting yang harus diangkat saat itu juga.

Baca juga: Berikut Pentingnya Sikap Cuek di Tempat Kerja

4. Break Time

Break time adalah waktu dimana Anda beristirahat saat bekerja, gunakan waktu ini dengan baik, pada saat beristirahat, maka istirahatlah karena tubuh dan pikiran Anda butuh istirahat juga. Menggunakan waktu istirahat dengan baik dapat membantu Anda lebih fokus bekerja setelah Break Time.

5. Komitmen Terhadap Deadline

Anda harus memperhatikan setiap deadline. Jika harus diselesaikan hari ini, maka selesaikanlah hari ini. Jangan mengulur-ngulur waktu. Namun, Anda harus berkomitmen terhadap deadline agar tidak ada pekerjaan yang menumpuk dan akhirnya membuat Anda jadi terpaksa lembur.

Sekian artikel tips memaksimalkan waktu bekerja. Bila menyukai artikel ini bisa Anda bagikan. Jika ada kritik dan saran bisa tulis pada kolom komentar. Terima kasih.

Baca juga: Berikut 5 Alasan Memilih Kerja Tidak Sesuai Jurusan


Editor: Theo Adi -

     

Komentar