Bagaimana Menghadapi Rekan Kerja yang Caper pada Atasan?
Siker.id | 16 Jan 2022 14:30


Bagikan ke
Menghadapi rekan kerja yang caper pada atasan. (siker)

siker.id - Meskipun banyak bekerja secara individual, bukan berarti Anda akan sendirian di kantor. Seba Anda akan bertemu dengan banyak rekan kerja yang sifatnya berbeda-beda. Ada yang mungkin cuek, suka memerintah, atau bahkan rekan kerja yang suka cari perhatian pada atasan. Cara dalam menghadapi berbagai perilaku rekan kerja tersebut pun juga berbeda. Jika rekan kerjamu tipe yang suka caper pada atasan, maka sangat disarankan untuk acuhkan saja selama dia tidak mengganggumu. Namun, kalau tingkahnya membuatmu risi atau bahkan sampai merendahkan demi mendapat perhatian lebih dari atasan, maka Anda pun harus tegas padanya. Berikut cara menghadapi rekan kerja yang caper pada atasan.

Baca juga: Berikut 5 Ciri Rekan Kerja yang Banyak Modus

1. Jaga jarak

Walaupun kamu nggak membencinya, terkadang menjaga jarak juga salah satu cara yang paling aman. Anda boleh friendly kepada semua orang, tetapi memilih rekan kerja yang dekat denganmu juga sebuah pilihan. Daripada Anda ikut terpengaruh dengan pikirannya yang menjilat, lebih baik Anda nggak terlalu berurusan dengannya.

2. Selalu update dengan atasan

Rekan kerja yang cari muka sering juga mengaku-ngaku pekerjaan orang lain sebagai pekerjaannya. Hal ini karena dia ingin mendapat pujian hingga promosi dari atasan. Jika Anda satu tim dengan tipe rekan kerja seperti ini, sebaiknya kamu selalu update perkembangan pekerjaanmu kepadanya.

3. Bersikap elegan

Rekan kerja yang cari muka sering kali menyebalkan dan membuatmu emosi. Akan tetapi hal ini justru nggak membuat keadaan lebih baik. Hadapi orang seperti ini dengan elegan, Anda bisa nggak menggubrisnya dan tetap bersikap santai padanya.

Baca juga: Perhatikan 5 Hal Ini Sebelum Mengkritik Rekan Kerja

4. Jaga dirimu untuk tidak terbawa arus

Cara keempat dalam menghadapi rekan kerja yang suka caper adalah dengan memastikan diri tidak terbawa arus permainannya saat cari muka ke atasan. Sebab orang yang caper biasanya juga memanfaatkan orang di sekitarnya untuk melancarkan rencana supaya berhasil menarik perhatian atasan. Kalau dia ada memintamu untuk bekerja sama dengannya, tapi untuk hal yang mencurigakan maka jangan mau. Apalagi kalau dia sampai memintamu berbohong dan menutupi suatu hal dari atasan.

5. Bicarakan bersama rekan kerja yang lain

Terakhir, kalau tingkah capernya sudah kelewat batas dan membuat kalian semua risi maka bicarakanlah bersama-sama tentang bagaimana menyikapinya. Apakah dibiarkan saja seperti itu terus atau adukan pada atasan tentang dirinya yang membuat kalian tidak nyaman. Atasan yang baik akan mendengarkan keluhan dari bawahannya. Meskipun tidak dipecat, mungkin dia hanya akan mendapat teguran untuk menghentikan melakukan hal yang membuat rekan kerja lainnya tidak nyaman.

Sekian artikel tentang cara menghadapi rekan kerja yang suka caper. Bila menyukai artikel ini bisa Anda bagikan. Jika ada kritik dan saran bisa tulis pada kolom komentar. Terima kasih.

Baca juga: Berikut Tips Melatih Mental Sebelum Masuk Dunia Kerja


Editor: Theo Adi -

0     0    

Komentar