Berikut Tips Mengatasi Dilema Dalam Menentukan Karir
Siker.id | 15 Jan 2022 20:15


Bagikan ke
Mengatasi dilema dalam menentukan karir. (siker)

siker.id - Apakah saat ini Anda sedang merasakan dilema terhadap karier yang sedang kamu jalani? Setiap hari Anda harus bangun pagi, kemudian bersiap-siap untuk berangkat kerja, ada saatnya Anda merasa malas banget melakukannya dan akhirnya Anda berpikir, sebenarnya apa yang dilakukan setiap hari itu bernilai gak, sih? Mungkin awalnya saat Anda memulai sebuah karier, yang terpikirkan adalah bekerja dan berpenghasilan. Namun, setelah cukup lama menjalaninya ternyata ada saja hal-hal yang membuatmu ingin resign. Nah, supaya Anda tidak semakin bingung atas situasi dilema terhadap karier yang Anda jalani saat ini, berikut ini tips mengatasi dilema dalam menentukan karir.

Baca juga: Berikut Tips Mengubah Hobi Menjadi Karir

1. Harus punya tujuan

Bagaimanapun juga, untuk melakukan sesuatu harus berdasarkan ‘alasan’ yang membuat seseorang memprioritaskan sesuatu hal. Oleh karena itu, seseorang cenderung akan tertekan, jika mengerjakan pekerjaan yang sebenarnya tidak disukainya. Sebaiknya, tanyakan pada dirimu sendiri apa yang menjadi tujuanmu saat ini. Dengan memiliki alasan dan tujuan yang jelas, jauh lebih mudah menentukan pilihan karier yang ingin dirintis.

2. Pikirkan hal yang terjadi, ketika menentukan pilihan

Sebagian orang akan cenderung takut ketika ingin melakukan suatu perubahan dalam hidup. Hal itu disebabkan oleh ketidak pastian yang ada di dalam pilihan karier yang mereka inginkan. Karena terlalu banyak beban pikiran dan takut mengambil risiko, sehingga malah memilih pilihan berada pada zonama nyamannya. Daripada memikirkan hal tersebut yang membuat stres, lebih baik bertanya pada diri sendiri ”Bagaimana kalau saya memilih karier tersebut, hal buruk apa yang akan menimpaku?”.

3. Gunakan intuisi di dalam dirimu

Kebanyak orang tentunya pernah memikirkan suatu hal yang tidak logis tentang masa depannya. Mungkin saja hal itu bisa membantumu untuk mengetahui pilihan karier. Momen seperti ini bisa sebagai acuanmu untuk menentukan pilihan. Mungkin, tidak logis bagi orang lain bahwa Anda bisa melakukannya. Karena hal tersebut, menjadi motivasimu untuk menunjukan pada diri sendiri dan orang lain kalau Anda bisa meraih apa yang Anda inginkan.

Baca juga: Berikut Ini Tips Meniti Karir Bagi Kaum Milenial

4. Pertimbangkan mengenai pendapatan

Sudah menjadi hal yang umum, orang bekerja atau berkarier itu untuk mendapatkan penghasilan. Ya, itu memang hal yang wajar, karena kalau Anda tidak mempertimbangkannya, nanti akan susah sendiri. Ketika Anda merasa nyaman dengan pekerjaannya, namun pendapatan yang di dapatkan gak sepadan dengan kerja kerasmu. Cobalah untuk mempertimbangkannya lagi.

5. Pertimbangkan mengenai lingkungan kerja

Untuk menemukan solusi berikutnya cobalah perhatikan faktor lingkungan tempat kerjamu. Apakah rekan-rekan kerjamu membuatmu nyaman saat bekerja? Perhatikan pula mengenai jam kerjanya, apakah sudah sesuai atau terlalu lama untuk bekerja atau mungkin terlalu sedkit? Anda merasa nyaman tidak saat menjalaninya? Selain itu, masih mengenai lingkungan kerja. Coba Anda perhatikan lagi tentang hubunganmu dengan atasan dan pihak-pihak yang lainnya.

Sekian artikel tentang tips mengatasi dilema saat menentukan karir. Bila menyukai artikel ini bisa Anda bagikan. Jika ada kritik dan saran bisa tulis pada kolom komentar. Terima kasih.

Baca juga: Apa yang Harus Dilakukan Jika Salah Memilih Karir?


Editor: Theo Adi -

0     0    

TAG :

Komentar