icon Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp
Berikut Tips Melatih Mental Sebelum Masuk Dunia Kerja
Siker.id | 15 Jan 2022 17:00


Bagikan ke
Tips melatih mental sebelum masuk dunia kerja. (siker)

siker.id - Pergeseran peran menjadi pekerja memang tidak semudah yang dibayangkan. Apalagi lingkungan kerja yang kompleks dan dinamis terkadang tidak sesuai dengan ekspektasi. Perlu keberanian untuk menghadapi berbagai tekanan di dunia kerja. Salah satu modal penting supaya tahan banting adalah mental yang kuat. Berikut beberapa tips untuk melatih kesiapan mental Anda sebelum memasuki dunia kerja.

Baca juga: Berikut Cara Membuat Batasan Dalam Dunia Kerja

1. Percaya diri

Sebuah studi yang dilakukan di University of Melbourne menunjukkan orang yang percaya diri mendapatkan bayaran atau gaji lebih tinggi dan dipromosikan lebih cepat dibanding yang lain. Kepercayaan diri ini akan membantu menginspirasi yang lain di sekitarnya.

2. Berani mengatakan tidak

Penelitian UC Berkeley menunjukkan bahwa ada momen ketika seseorang sulit mengatakan tidak atau menolak sesuatu. Orang yang bermental kuat tahu kapan harus mengatakan tidak, dan menganggapnya itu lebih menyehatkan.

3. Adaptasi dengan perubahan

Untuk membangun mental kuat mesti fleksibel dan terus menerus beradaptasi. Tahu bahwa ketakutan akan perubahan hanya akan menimbulkan kehawatiran dan cemas berlebihan. Hanya dengan mampu menerima perubahan dan menemukan yang baik di dalamnya dengan tangan terbuka seseorang akan dapat menjadi lebih baik.

Baca juga: Berikut Tips Bersaing Sehat Dalam Dunia Kerja

4. Membiasakan diri membuat perencanaan

Perencanaan penting dilakukan untuk mengurangi tingkat kegelisahanmu terkait berbagai aspek. Contohnya seperti perencanaan menu makanan harian, pakaian untuk bekerja, pemilihan transportasi ke tempat kerja, dan rencana budget keuangan. Hal-hal sederhana ini malah kerap kali menimbulkan gangguan bagi para pekerja yang baru saja masuk. Perencanaan yang baik dan terperinci akan sangat menunjang performamu memasuki dunia kerja. Lakukan secara perlahan, lama-lama kamu akan terbiasa.

5. Berkomitmen untuk menjaga kesehatan tubuh

Tahukah Anda bahwa kesehatan tubuh berkorelasi positif dengan kesehatan mental? Jika tubuh sehat dan bugar maka pikiran juga ikut sehat. Dengan begitu energi untuk bekerja menjadi lebih meningkat dan tentunya berbagai tantangan pekerjaan dapat Anda selesaikan dengan baik. Komitmen ini sebaiknya diiringi dengan aksi misalkan menjaga pola tidur dan pola makan secara disiplin. Menyempatkan diri untuk berolahraga di tengah padatnya pekerjaan. Alhasil, kesiapan mentalmu menghadapi dunia kerja semakin kokoh.

Sekian artikel tips melatih mental sebelum masuk dunia kerja. Bila menyukai artikel ini bisa Anda bagikan. Jika ada kritik dan saran bisa tulis pada kolom komentar. Terima kasih.

Baca juga: Berikut Ini Realita Dunia Kerja Yang Perlu Anda Tahu


Editor: Theo Adi -

     

Komentar