icon Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp
Apa Dampaknya Bila Masih Sering Menunda Pekerjaan?
Siker.id | 15 Jan 2022 15:30


Bagikan ke
Dampak negatif bila masih suka menunda pekerjaan. (siker)

siker.id - Menunda pekerjaan terkadang menjadi suatu kebiasaan yang terlihat menyenangkan untuk dilakukan. Namun hal ini sebaiknya patut Anda hilangkan, karena akan membawa dampak yang kurang baik bagi Anda ke depannya. Dampak buruk ini perlu Anda ketahui dengan pasti supaya bisa dijadikan bahan pembelajaran. Apa saja dampak buruk tersebut? Berikut ulasannya!

Baca juga: Mengapa Banyak Orang Senang Menunda Pekerjaan?

1. Merusak reputasi

Dalam perusahaan, pastinya Anda memiliki tugas dan tanggung jawab yang harus diselesaikan dengan baik dan tepat waktu. Dengan menunda pekerjaan, Anda bisa merusak reputasimu sendiri, kolega di kantor pun bisa kehilangan kepercayaan terhadapmu. Kolega atau atasanmu bisa berhenti bergantung pada Anda dan menahan diri untuk menawarkan peluang karena mungkin saja mereka khawatir kalau Anda akan melakukan prokrastinasi.

2. Menurunkan kepercayaan diri

Salah satu penyebab prokrastinasi adalah rendahnya kepercayaan diri untuk dapat menyelesaikan proyek atau pekerjaan dengan benar. Sayangnya, menunda pekerjaan hanya akan semakin membuatmu merasa rendah diri dan menambah keraguan. Kurang percaya diri dapat menghalangi Anda untuk sukses dalam berkarier.

3. Menghancurkan karier

Cara Anda bekerja akan secara langsung mempengaruhi hasil, seberapa banyak yang Anda selesaikan, dan kinerjamu. Sehingga efek dari menunda pekerjaan bisa sangat merugikan karirmu. Prokrastinasi akan menghalangi Anda untuk menyelesaikan deadline atau mencapai target yang ditentukan. Lalu, konsekuensi apa yang sekiranya akan Anda dapatkan jika hal itu terjadi? Mungkin saja akan kehilangan kesempatan untuk dipromosikan atau bahkan diberhentikan.

Baca juga: Bagaimana Cara Mengatasi Kebiasaan Menunda Pekerjaan?

4. Mudah stres

Sikap menunda pekerjaan nantinya bisa membuat kamu mudah stres dalam hidup. Perasaan itu berawal dari rasa tidak tenang karena sering dikejar-kejar kewajiban yang seharusnya bisa diselesaikan dengan baik. Dari rasa tidak tenang tersebut, pikiran kamu bisa dipenuhi hal negatif hingga selalu gelisah.

5. Pekerjaan menumpuk dan tidak terselesaikan

Selanjutnya akan ada pekerjaan yang menumpuk dan tidak mudah terselesaikan ketika kamu tidak bisa mengurangi kebiasaan menunda pekerjaan. Hal ini tidak hanya membuat kamu lelah sendiri, namun berdampak pula dengan rekan kerja hingga atasan kamu nantinya. Tidak ingin bukan dicap sebagai orang yang kurang mempunyai tanggung jawab oleh mereka.

Sekian artikel tentang dampak bila masih sering menunda pekerjaan. Bila menyukai artikel ini bisa Anda bagikan. Jika ada kritik dan saran bisa tulis pada kolom komentar. Terima kasih.

Baca juga: Stop ! Begini Bahaya Menunda Pekerjaan


Editor: Theo Adi -

     

Komentar