Berikut 5 Alasan Memilih Kerja Tidak Sesuai Jurusan
Siker.id | 14 Jan 2022 19:15


Bagikan ke
Alasan memilih kerja tidak sesuai jurusan. (siker)

siker.id - Pernahkah Anda menemui seseorang yang bekerja berbeda dari jurusan kuliahnya? Atau mungkin justru kamulah orangnya? Kondisi yang satu ini cukup banyak dialami tak hanya oleh orang Indonesia saja, tapi juga berbagai orang dari belahan dunia yang lain. Keputusan buat bekerja di luar jurusan kuliah seringkali berhasil bikin penasaran terkait alasan melakukannya. Nggak jarang sebagian berpikir kalau keputusan ini bikin seseorang tak akan berhasil dalam pekerjaannya. Padahal bekerja nggak sesuai jurusan justru bisa mendatangkan masa depan yang cerah kalau dilakukan dengan pertimbangan matang. Berikut beberapa alasan seseorang bekerja tidak sesuai jurusan:

Baca juga: Berikut Tips Membuat Ruang Kerja Nyaman

1. Jurusan Hanya Prasyarat

Bekerja yang tidak sesuai dengan jurusan kuliah tak selalu berarti Anda gagal dalam karier. Banyak orang yang sukses di bidang yang sama sekali tidak berhubungan dengan perkuliahan. Apalagi kini kuliah sering hanya dijadikan prasyarat untuk masuk di dunia kerja. Banyak lowongan hanya mewajibkan pelamar menyandang paling tidak S1 atau D3 tapi tidak menetapkan jurusannya.

2. Bidang Lain Lebih Bersinar

Tak perlu memaksakan bekerja sesuai jurusan kuliah jika memang ada jalan karier yang dirasa lebih menguntungkan. Anda mungkin mengambil jurusan bisnis saat kuliah. Tapi jika kemampuan seni lebih menjual, mengapa tidak dimanfaatkan sebagai mata pencaharian? Apalagi banyak orang di luar sana yang sudah memiliki gelar ekonomi tersebut.

3. Pengalaman Diutamakan

Kenyataannya banyak pelamar yang dipilih perusahaan karena lebih berpengalaman dari pada sekadar sesuai jurusan. Karena itu, penting untuk menggali pengalaman sebanyak mungkin, terutama yang sesuai minat dan kemampuan.

Baca juga: Apa Saja Kebiasaan yang Menyebabkan Performa Kerja Menurun?

4. Kemampuan Paling Penting

Selanjutnya, alasan lain mengapa banyak orang yang lebih memilih bekerja di luar jurusan karena kemampuanlah yang paling diutamakan. Seringkali ada beberapa lowongan pekerjaan yang nggak terlalu mementingkan jurusan tertentu. Dibandingkan jurusan, perusahaan atau kantor tersebut lebih mengutamakan skill atau kemampuan para pelamar.

5. Pilih yang Bikin Nyaman

Dibandingkan memaksakan diri untuk bekerja sesuai jurusan, ada yang lebih penting dan harus dipertimbangkan saat kamu memilih pekerjaan. Salah satunya adalah dengan memilih pekerjaan atau profesi yang bikin nyaman. Pekerjaan yang bisa dinikmati nantinya bisa mendatangkan kebahagiaan bagi yang menjalaninya. Nah, saat kamu menemukan pekerjaan yang nyaman dan bisa dinikmati, kamu pun bisa lebih mudah menyerap ilmu sekaligus pengalaman untuk digunakan di masa yang akan datang.

Sekian artikel tentang alasan memilih pekerjaan tidak sesuai jurusan. Bila menyukai artikel ini bisa Anda bagikan. Jika ada kritik dan saran bisa tulis pada kolom komentar. Terima kasih.

Baca juga: Apa Dampak Negatif Kuliah Sambil Kerja?


Reporter: Azzachra Rara
Editor: -

0     0    

Komentar