Berikut 5 Tips Memilih Kampus yang Tepat
Siker.id | 14 Jan 2022 18:15


Bagikan ke
Tips memilih kampus yang tepat. (siker)

siker.id - Siapa diantara kalian yang selepas SMA berencana untuk kuliah? Nah tulisan ini untuk kamu yang saat ini duduk di kelas 3 atau kelas XII SMA atau SMK, pasti saat ini Anda sedang gundah, galau dan campur-campur untuk memilih universitas sesuai dengan minat bakat anda ataupun kampus idaman. Tenang ada beberapa hal yang harus Anda ketahui agar segera mendapatkan kampus idamanmu. Mungkin untuk teman-taman yang lulusan SMK (Sekolah Menengah Kejuruan) tidak terlalu pusing untuk memilih universitas/kampus yang sesuai dengan minat bakat mereka karena pada dasarnya teman-teman di SMK sudah dipersiapkan sesuai jurusan atau untuk dunia kerja. Berikut tips dalam memilih kampus yang tepat.

Baca juga: Berikut Ini Kiat Khusus Dalam Memilih Jurusan Bahasa Inggris

1. Tentukan Minat dan Kelebihanmu

Seberapa jauh Anda mengenal dirimu? Apa minat dan kelebihan dirimu? Jika Anda belum bisa menjawab pertanyaan itu, Anda bisa tanyakan ke dirimu “Apa hal yang selalu menarik perhatianku?” “Apa yang bisa aku kerjakan selama berjam-jam tanpa merasa bosan?” Selain minat, kemampuan dalam suatu bidang juga akan membantu proses perkuliahan berjalan lebih lancar. Anda bisa coba renungkan skill apa yang Anda miliki. Apa yang Anda kuasai? Apa yang terasa natural atau mudah untukmu? Selain melakukan refleksi diri, Anda bisa menentukan minat dan kelebihanmu dengan mencoba hal baru.

2. Cek Akreditasi dan Ranking Kampus

Jangan lewatkan tips satu ini, ya. Mengetahui akreditasi kampus merupakan hal penting. Setidaknya, akreditasi bisa membantu memberikan gambaran akan kualitas kampus yang akan Anda pilih. Selain itu, jika kampusmu termasuk kampus yang memiliki akreditasi dan ranking yang baik, CV milikmu memiliki kesempatan lebih tinggi untuk dilirik recruiter. Untuk akreditasi kampus, Anda bisa mengecek di banpt.or.id. Sedangkan, untuk mengecek ranking kampus, Anda bisa mengunjungi 4icu.org dan memasukkan nama universitas yang Anda tuju.

3. Cari Tahu Biaya Kuliah dan Biaya Hidup Sekitar Kampus

Poin satu ini juga tidak kalah penting, mengingat Anda akan menghabiskan biaya selama tiga setengah tahun sampai empat tahun di kampus tersebut. Dengan mengetahui perkiraan biaya yang akan Anda keluarkan, Anda dapat mempersiapkan biayanya jauh-jauh hari. Anda bisa tanyakan biaya kuliah kepada pihak kampus atau ngobrol dengan kakak kelas tentang biaya hidup sekitar kampus.

Baca juga: Apa saja yang dipelajari pada Jurusan Bahasa Inggris?

4. Tentukan Kampus Negeri atau Swasta

Di Indonesia banyak siswa yang memilih universitas negeri menjadi prioritas bahkan dengan masuk jurusan yang tidak sesuai minat bakatnya. Salah satu alasan masuk ke kampus negeri adalah biayanya yang relatif murah, tetapi pada kenyataanya di kampus swasta bayarannya pun tidak terlalu mahal, karena banyak kampus swasta yang menyediakan program beasiswa, sehingga biaya tidak terlalu mahal.

5. Lokasi Kampus

Saat ini kamu mulai memilih Universitas yang mau kamu pilih lokasinya apakah dekat dari rumah atau jauh dari rumah, di dalam kota atau luar kota, karena mengetahui tempat kamu memilih lokasi kampus kamu dapat merencanakan biaya yang akan dihabiskan.

Sekian artikel tentang tips memilih kampus yang tepat. Bila menyukai artikel ini bisa Anda bagikan. Jika ada kritik dan saran bisa tulis pada kolom komentar. Terima kasih.

Baca juga: Ambil Jurusan Kesehatan Masyarakat? Begini Prospek Kerjanya


Reporter: Azzachra Rara
Editor: -

0     0    

TAG :

Komentar